Harian Nias
Harian Nias
Nias

Desa Lagasimahe Diterjang Banjir Akibat Meluapnya Sungai Idanomola

163
×

Desa Lagasimahe Diterjang Banjir Akibat Meluapnya Sungai Idanomola

Share this article
Desa Lagasimahe Diterjang Banjir Akibat Meluapnya Sungai Idanomola
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias, HarianNias.com Kejadian banjir yang disebabkan oleh meluapnya Sungai Idanomola menimpa sejumlah desa, terutama Desa Lagasimahe dan Desa Si6faewali di Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 16 Desember 2023, sekitar pukul 18:15 WIB.

Menurut penduduk setempat, dalam bulan Desember ini saja sudah terjadi lima kali banjir yang menggenangi pemukiman penduduk. Mereka mengungkapkan keprihatinan karena hingga saat ini belum ada tindakan yang memadai dari pemerintah, meskipun masalah banjir ini sudah berkecamuk sejak gempa bumi tahun 2005. Kurangnya respons serius dari pihak berwenang membuat masyarakat sangat berharap agar situasi ini ditangani dengan serius untuk menghindari gangguan terhadap aktivitas sehari-hari.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Masyarakat juga melaporkan bahwa banjir ini telah merusak mata pencaharian mereka, seperti lahan pertanian dan tanaman muda yang merupakan sumber penghasilan utama bagi penduduk sekitar desa tersebut.

Tak hanya itu, banjir juga menyebabkan gangguan dalam pelaksanaan ibadah dan proses belajar-mengajar di SMPN 2 Bawolato Kabupaten Nias dan SDN Bawalia. Demikian disampaikan oleh beberapa saksi mata.

Seorang tokoh masyarakat di wilayah tersebut menekankan urgensi perlunya penanganan yang lebih serius, terutama terkait normalisasi Sungai Idanomola agar ke depannya tidak terulang banjir yang menghambat akses jalan alternatif yang sangat vital bagi kegiatan sehari-hari warga.

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias