Harian Nias
Harian Nias
Nias

Transformasi Pertanian, Bupati Nias Serahkan Bantuan Modern ke Petani

225
×

Transformasi Pertanian, Bupati Nias Serahkan Bantuan Modern ke Petani

Share this article
Bupati Nias, Yaatulo Gulo
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias, HarianNias.com Bupati Nias, Yaatulo Gulo, secara langsung menyerahkan bantuan sarana pertanian berupa Unit Pengolahan Pupuk Organik, Alat Mesin Pertanian, serta Benih Jagung dan Padi yang didanai dari APBD Kabupaten Nias tahun anggaran 2023 kepada Kelompok Tani. Penyerahan ini berlangsung di Desa Siofabanua, Kecamatan Bawolato pada Sabtu (16/12/2023).

Acara ini diawali dengan sambutan dari Camat Bawolato, Firyusuf Hulu, yang mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Nias, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Nias, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, serta Pengurus Kelompok Tani yang menerima bantuan hari itu. Hulu menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama bantuan yang begitu besar diberikan kepada petani dan nelayan serta masyarakat Kabupaten Nias selama dia menjadi Pegawai Negeri di sana.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Dalam arahannya, Bupati Nias, Yaatulo Gulo mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk menyampaikan bantuan sarana dan prasarana pertanian yang menjadi upaya bersama dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Nias. Beliau menegaskan bahwa pertanian memiliki peran sentral dalam penyediaan pangan bagi penduduk dan menjadi pendorong utama dalam ekonomi daerah.

Gulo juga menyoroti perlunya kerja keras untuk meningkatkan produksi pertanian yang masih belum mencapai titik optimal. Pemerintah berkomitmen untuk mendorong peningkatan produktivitas dengan memberdayakan petani serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor pertanian.

Pada tahun anggaran 2023, pemerintah telah mengalokasikan sejumlah bantuan, termasuk pengolahan pupuk organik, alat perontok padi, cultivator, pompanisasi, alat pengering padi/jagung, serta benih jagung dan padi untuk puluhan kelompok tani.

Dalam penutupannya, Bupati Nias menegaskan dua hal penting: pertama, perlunya upaya konkret dari instansi terkait untuk meningkatkan ekonomi masyarakat petani, peternak, dan nelayan dengan peran aktif dari penyuluh di lapangan. Kedua, kepada penerima bantuan diingatkan untuk memanfaatkan dengan baik sarana yang diterima guna meningkatkan perekonomian keluarga, bukan untuk diperdagangkan.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pihak terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias, Anggota DPRD Provinsi Sumatera, Camat Bawolato, Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan, Kepala Desa, serta Kelompok Tani penerima bantuan dari Kecamatan Idanogawo dan Bawolato.

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias