Harian Nias
Harian Nias
Nias

Dua SD Tidak Layak Pakai di Bawolato Terima Empati Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang

4118
×

Dua SD Tidak Layak Pakai di Bawolato Terima Empati Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang

Share this article
Dua SD Tidak Layak Pakai di Bawolato Terima Empati Kajari Gunungsitoli, Parada Situmorang, S.H., M.H.
Dua SD Tidak Layak Pakai di Bawolato Terima Empati Kajari Gunungsitoli, Parada Situmorang, S.H., M.H.
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias, HarianNias.com Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Parada Situmorang, S.H., M.H., mengunjungi dua sekolah yang tidak layak pakai di Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara pada Kamis, 11 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Kepedulian Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli pada pendidikan di Kepulauan Nias. Dua sekolah yang dikunjungi tersebut adalah SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu dan SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou, Kecamatan Bawolato.

Kejari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. sedang menenteng sepatu sendiri berjalan melewati sungai bersama tim menuju SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou, Kecamatan Bawolato
Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. sedang menenteng sepatu sendiri berjalan melewati sungai bersama tim menuju SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou, Kecamatan Bawolato

Perjalanan menuju SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu dan SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou tidaklah mudah. Kajari Gunungsitoli beserta beberapa Kasi dan Staf harus melalui jalan onderlagh dan berjalan kaki sekitar 2 km, melewati sungai sebanyak 4 kali di bawah panas terik. Rasa kepedulian terhadap kondisi sekolah mendorong mereka untuk sampai di destinasi, yaitu SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Kedatangan rombongan Kajari Gunungsitoli disambut hangat oleh guru-guru dan siswa di kedua sekolah tersebut. Selain memberikan semangat, Kajari juga membagikan sepatu, alat tulis, dan kue kepada anak-anak di sana.

Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. Saat memberikanSepatu kepada Siswa di SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu.
Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. Saat memberikan
Sepatu kepada Siswa di SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu.

Namun, suasana haru menyelimuti kunjungan tersebut saat Kajari menyaksikan langsung kondisi memprihatinkan di SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu. Hanya terdapat satu ruangan yang layak pakai, yang notabene harus dibagi dua untuk kelas 4 dan 5, sementara siswa kelas 6 harus bersatu di setengah ruangan bagian lainnya. Sedangkan untuk kelas 1, 2, dan 3, mereka belajar di dua ruangan yang berdinding papan bolong-bolong, beratap daun rumbia yang sudah busuk, dan beralaskan tanah.

Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. bersama dengan guruSD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu, Kondisi Sekolah Memilukan
Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. bersama dengan guru
SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu, Kondisi Sekolah Memilukan

Kondisi tak kalah mengenaskan ditemui di SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou. Perjalanan yang membutuhkan jalan kaki 2 km dan melewati 4 kali sungai membawa rombongan Kajari menuju bangunan hasil gotong royong warga sejak 20 tahun lalu. Bangunan ini, yang diisi oleh kelas 1 sampai kelas 6, memiliki kondisi yang sangat memprihatinkan, mulai dari gedung hingga perabotan sekolah.

Salah satu guru di SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou mengungkapkan bahwa sejak sekolah tersebut berdiri, belum pernah menerima bantuan dari pemerintah. Kunjungan Kajari Gunungsitoli menjadi satu-satunya harapan bagi mereka. Di sekolah ini, hanya ada satu Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedangkan sisanya adalah Guru Tidak Tetap (GTT) yang digaji dari Dana Bos Sekolah.

Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. saat sedang membagi sepatu,Buku, dan Kue kepada siswa SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou
Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. saat sedang membagi sepatu,
Buku, dan Kue kepada siswa SD Negeri No. 078514 Hilifadolo Desa Banua Sibohou

Menanggapi kondisi tersebut, Kajari Gunungsitoli berkomitmen untuk membicarakan permasalahan ini kepada Bupati Nias, Ya’atulo Gulo. “Kita tidak bisa menutup mata terhadap kondisi sekolah yang sangat memprihatinkan ini. Saya akan berusaha agar perhatian dan bantuan yang layak dapat diberikan kepada mereka,” ujar Parada Situmorang.

Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. Sedang Istirahat di bawahPohon, di atas batu sungai saat kunjungan ke SD Negeri No. 078514 Hilifadolo
Kajari Gunungsitoli Parada Situmorang, S.H., M.H. Sedang Istirahat di bawah
Pohon, di atas batu sungai saat kunjungan ke SD Negeri No. 078514 Hilifadolo

Ucapan terima kasih pun mengalir dari kepala sekolah dan para guru di kedua sekolah tersebut. Kepala Sekolah SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Desa Gazamanu, Siaria Waruwu, berharap agar sekolahnya segera dibangun. PNS di SD Negeri 6468400, Yulima Harefa, turut mengungkapkan rasa terima kasihnya dan berharap agar kepedulian Kajari Gunungsitoli dapat menjadi awal perubahan bagi kondisi sekolah di Desa Banua Sibohou.

Kepala Sekolah SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Siaria Waruwu dan Guru SDNegeri No. 078514 Hilifadolo Menyampaikan Terima kasih dan Harapan Kepada Kajari Gunungsitoli, Parada Situmorang, S.H., M.H.
Kepala Sekolah SD Negeri No. 078518 Hiliuso, Siaria Waruwu dan Guru SD
Negeri No. 078514 Hilifadolo Menyampaikan Terima kasih dan Harapan
Kepada Kajari Gunungsitoli, Parada Situmorang, S.H., M.H.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam memberikan bantuan fisik, tetapi juga menciptakan kesadaran bersama tentang urgensi peningkatan fasilitas pendidikan di daerah ini.

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias