Harian Nias
Harian Nias
Nias Utara

Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Utara 2025, Fokus pada Kemajuan Ekonomi

869
×

Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Utara 2025, Fokus pada Kemajuan Ekonomi

Share this article
Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Utara 2025, Fokus pada Kemajuan Ekonomi
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias Utara, HarianNias.com Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2025 di Aula Kantor Kecamatan Alasa pada hari ini, Kamis (18/1/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, perangkat daerah, dan anggota DPRD dapil III.

Camat Alasa, Yostinus Hulu, S.Pd., dalam laporannya, menyajikan gambaran profil dan kondisi Kecamatan Alasa. Ia juga menginformasikan bahwa setiap desa di kecamatan tersebut telah menggelar Musrenbang tingkat desa. Hasilnya, semua usulan kebutuhan pembangunan yang dinilai skala prioritas telah berhasil dirangkum.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara, Fatizaro Hulu, S.E., M.M., dalam sambutannya, menekankan bahwa Musrenbang ini merupakan forum tertinggi di Kabupaten Nias Utara untuk menentukan arah pembangunan di setiap wilayah. Ia menyatakan dukungan penuh dan berharap agar pemerintah daerah menjadikan hasil Musrenbang ini sebagai skala prioritas demi kemajuan Kabupaten Nias Utara.

Dalam arahannya, Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Nias Utara, menyampaikan tema pembangunan tahun 2024, yakni “Pemantapan Kualitas SDM dan Tata Kelola Birokrasi serta Infrastruktur Kewilayahan untuk Kemajuan Ekonomi.” Proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dilakukan dengan alokasi perencanaan dan penganggaran berbasis program prioritas Kabupaten, Provinsi, dan Nasional. Dengan fokus pada dampak nyata bagi masyarakat, penguatan kebijakan yang dilaksanakan melalui pendekatan sinergitas dan kolaborasi antar perangkat daerah.

Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan ini dianggap sebagai momen strategis untuk menyatukan visi dan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2021-2026. Beberapa isu utama yang dipembahasan ini meliputi peningkatan kualitas daya saing sumber daya manusia, percepatan pemerataan pembangunan daerah, optimalisasi pembangunan infrastruktur dasar dan aksesibilitas wilayah berwawasan lingkungan, serta optimalisasi reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD dapil III, Kepala OPD, Sekretaris, Kabag dan Kabid, Camat, Danramil, Pj. Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya. Kehadiran para tokoh ini menunjukkan komitmen bersama untuk memastikan keberhasilan program pembangunan yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat. (Walas)

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias