Harian Nias
Harian Nias
Nias Barat

Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia Berangkatkan Tenaga Kerja Ke Batam

379
×

Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia Berangkatkan Tenaga Kerja Ke Batam

Share this article
Sekda Nias Barat
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias Barat, HarianNias.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Nias Barat, Sozisokhi Hia, S.H., M.M., menghadiri acara pemberangkatan tenaga kerja ke Batam Provinsi Kepulauan Riau. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Aekhula Kantor Bupati Nias Barat pada Jumat (22/3/2024) dan dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi, dan UKM, Febrieli Gulo, S.Pd., M.M., serta perwakilan dari PT. Danka Hureco dan orang tua tenaga kerja yang diberangkatkan.

Sekda Nias Barat, Sozisokhi Hia, S.H., M.M., menyatakan bahwa pemberangkatan tenaga kerja ke Batam merupakan salah satu inisiatif pemerintah daerah untuk memberdayakan serta memberikan kesempatan kerja kepada warga Nias Barat. Tujuannya adalah agar putra dan putri daerah tersebut dapat bekerja di salah satu perusahaan yang beroperasi di Batam.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Dalam kesempatan tersebut, Sozisokhi Hia, S.H., M.M., memberikan pesan kepada tenaga kerja yang diberangkatkan, untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Mereka diminta untuk bekerja dengan penuh dedikasi, mematuhi peraturan perusahaan, serta menjaga nama baik daerah Kabupaten Nias Barat.

“Jalankan kesempatan ini dengan baik, bekerja dengan sungguh-sungguh dan patuhi aturan yang berlaku di perusahaan dan jaga nama baik diri sendiri, keluarga dan daerah Kabupaten Nias Barat,” pesannya.

Tidak lupa, Sekda juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada PT. Danka Hureco atas kerja sama baiknya dengan pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam memfasilitasi perekrutan dan penyaluran tenaga kerja asal daerah tersebut di perusahaan-perusahaan Batam.

Sebelumnya, Febrieli Gulo, S.Pd., M.M., selaku Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi, dan UKM, melaporkan bahwa proses perekrutan calon tenaga kerja di Nias Barat telah berlangsung dengan lancar. Mulai dari penerimaan berkas, tes tertulis, wawancara, hingga tes kesehatan. Dari 91 orang yang mendaftar, 53 orang dinyatakan lulus, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 46 perempuan.

“Presoses perekrutan dan seleksi telah terlaksana dengan baik, mulai proses penerimaan berkas, tes tertulis, interview dan tes kesehatan. Jumlah peserta yang mendaftar berjumlah 91 orang, dengan rincian laki-laki 32 orang dan perempuan 59 orang dari jumlah tersbut yang lulus berjumlah 53 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 7 orang dan perempuan sebanyak 46 orang,” jelas Febrieli Gulo.

Febrieli Gulo, S.Pd., M.M., juga menambahkan bahwa calon tenaga kerja yang dinyatakan lulus akan berangkat dari Nias Barat menuju Batam pada 25 Maret 2024. Perusahaan akan menanggung biaya transportasi mereka serta menyediakan fasilitas seperti gaji, uang lembur, tempat tinggal, dan asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan.

“Mereka mulai bekerja pada 1 April 2024 dan selama bekerja akan mendapatkan fasilitas dari perusahaan yaitu gaji dan uang lembur, tempat tinggal, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaaan,” uangkap Ferbrieli Gulo mengakiri laporannya.

Dengan demikian, pemberangkatan tenaga kerja ini menjadi langkah konkrit dalam mendukung upaya pemberdayaan ekonomi serta peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat Nias Barat. (Arl/Wls)

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias