Harian Nias
Harian Nias
Nias Selatan

Anggreani Dachi: Sosialisasi WBtB Untuk Pertama Kali di Kabupaten Nias Selatan

928
×

Anggreani Dachi: Sosialisasi WBtB Untuk Pertama Kali di Kabupaten Nias Selatan

Share this article
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias Selatan, HarianNias.com –  Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi, S.P, M.Si. menyampaikan bahwa Sosialisasi Warisan Budaya Takbenda (WBtB) Indonesia ini meupakan pertama kali digelar di Kabupaten Nias Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Baga, Desa Lagundri, Kecamatan Luahagundre Maniamolo. Kamis, (28/3/2024)

“Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi WBtB ini yang pertama sekali digelar oleh Disbudparpora di Kabupaten Nias Selatan,” ungkap Anggreani.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Lebih lanjut, Anggreani Dachi menjelaskan kalau WBtB merupakan kekayaan budaya bangsa yang sangat penting artinya bagi pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan.

Ia juga mengajak semua kalangan untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya yang ada.

Sementara, Bupati Nias Selatan diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Fatoloza Giawa, S.H., M.M. dalam sambutannya menekankan bahwa agenda ini merupakan langkah dalam meningkatkan kepedulian, kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap WBtB yang ada di Nisel.

“Tujuannya adalah agar tidak ada pihak lain atau bahkan negara lain yang mengklaim bahwa warisan budaya tersebut adalah budaya mereka”, ujar Fataloza.

Lanjutnya, Fatoloza Giawa menambahkan bahwa bagian yang tidak terpisahkan dari tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri dan tidak mudah terpengaruh akan budaya asing.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut hadir kalangan budayawan, tokoh sejarah, tokoh adat, kepala desa, perwakilan mahasiswa, masyarakat, Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Provsu, Sylvia Rosita Armayanti Lubis, S.Sos., M.SP, Kabid Kebudayaan Beatrik Wau, Kabid Pengembangan Pariwisata Liberty Fau.

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias