Harian Nias
Harian Nias
Nias Selatan

Transparansi Keuangan: Kabupaten Nias Selatan Tuntaskan Penyerahan Laporan 2023

978
×

Transparansi Keuangan: Kabupaten Nias Selatan Tuntaskan Penyerahan Laporan 2023

Share this article
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Medan, HarianNias.com – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan telah menyelesaikan tahap penting dalam proses akuntabilitas keuangannya dengan menyerahkan Laporan Keuangan Daerah Tahun 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Dalam upaya menjaga transparansi dan akuntabilitas, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H., bersama Wakil Bupati Firman Giawa, S.H., M.H., secara resmi menyampaikan laporan tersebut kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 28 Maret 2024.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Acara penyerahan laporan keuangan tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Nias Selatan, di antaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, M.M., dan Inspektur Kabupaten Nias Selatan, Amsarno Sarumaha, S.H., M.H., Kepala BPKPAD Kabupaten Nias Selatan, Aferili Harita, S.E., M.A., dan Sekban BPKPAD, Edina Duha, S.E., M.M.

Selain itu, beberapa kepala daerah se-Provinsi Sumatera Utara atau perwakilannya juga ikut serta dalam acara tersebut, menunjukkan pentingnya kerja sama lintas daerah dalam menjaga akuntabilitas keuangan.

Setelah penyerahan laporan keuangan, tahapan berikutnya adalah proses pemeriksaan terinci yang akan dilaksanakan di daerah Kabupaten Nias Selatan.

Proses ini direncanakan akan berlangsung dari bulan April hingga Mei 2024. Langkah ini merupakan bagian integral dari upaya memastikan bahwa pengelolaan keuangan daerah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan memenuhi standar akuntansi yang ditetapkan.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah tercermin dalam langkah-langkah konkret seperti penyerahan laporan keuangan kepada BPK RI dan partisipasi aktif dalam proses pemeriksaan yang akan dilaksanakan.

Dengan demikian, diharapkan bahwa upaya ini akan memperkuat kepercayaan masyarakat serta memberikan jaminan atas pengelolaan keuangan yang efisien dan bertanggung jawab.

Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan BPK RI dalam hal ini menjadi penting dalam mencapai tujuan bersama untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan efektif.

Dengan proses pemeriksaan yang cermat dan komprehensif, diharapkan bahwa laporan keuangan tahun 2023 akan menjadi landasan yang kuat bagi perencanaan dan pengambilan keputusan di masa yang akan datang.

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias