Harian Nias
Harian Nias
Nias Selatan

SMA Negeri 1 Gomo Siap Gelar Remedial Bagi Siswa yang Belum Lulus

2509
×

SMA Negeri 1 Gomo Siap Gelar Remedial Bagi Siswa yang Belum Lulus

Share this article
Foto SMA Negeri 1 Gomo
Foto SMA Negeri 1 Gomo (HarianNias.com/Walas)
Lowongan Jurnalis Harian NIas

Nias Selatan, HarianNias.com – Pasca pengumuman hasil kelulusan pada tanggal 3 Mei 2024, suasana di SMA Negeri 1 Gomo, Kabupaten Nias Selatan terasa tegang dengan ditemukannya bahwa sebagian besar dari 163 siswa kelas XII belum memenuhi standar nilai kelulusan. Dari total siswa tersebut, 115 di antaranya hanya dinyatakan tamat tanpa lulus karena masih memiliki beberapa nilai di bawah minimal yang ditetapkan, yaitu 70,00 untuk setiap mata pelajaran sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Gomo, Sudirman Telaumbanua, S.Pd.,  menyampaikan bahwa pihaknya sangat sedih dengan banyaknya siswa-siswi yang belum memenuhi kriteria standar kelulusan tahun ini.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Kami sangat sedih dengan pencaipaian tahun ini,” katanya kepada sejumlah wartawan yang menemuinya di ruang kerjanya pada hari Sabtu (4/5/2024).

Kepala Sekolah, Sudirman Telaumbanua, S.Pd., menyatakan bahwa pihak sekolah siap memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan untuk mencapai nilai yang diperlukan. Bantuan yang dimaksud adalah memberikan kesempatan yang adil bagi setiap siswa untuk mengejar kelulusan, remedial akan diadakan mulai tanggal 6 hingga 14 Mei 2024.

“Untuk membantu siswa-siswi yang belum berhasil lulus ini, kami akan mengadakan remedial mulai tanggal 6 hingga 14 Mei 2024,” ucapnya.

Penting untuk dicatat bahwa semua biaya yang terkait dengan pelaksanaan remedial akan ditanggung oleh SMA Negeri 1 Gomo. Ini termasuk biaya pengawasan, pengadaan soal, dan segala keperluan lainnya yang diperlukan selama sesi remedial berlangsung. Kepala Sekolah, Sudirman Telaumbanua, S.Pd., menegaskan bahwa tidak akan ada biaya tambahan yang dibebankan kepada siswa selama proses remedial ini.

“Tidak akan ada biaya tambahan yang dibebankan kepada siswa selama proses remedial ini,” tegasnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh beberapa siswa yang diwawancari di sekolah. Salah satu siswa menyampaikan bahwa dari awal hingga detik belum ada informasi mengenai permintaan uang kepada mereka.

“Dalam mengikuti remedial ini, sekolah tidak ada meminta uang kepada kami. Guru kami hanya mengatakan kepada kami agar mempersiapkan diri lebih baik lagi, sehingga tidak terulang apa yang sudah terjadi,” kata siswa berinisial ET.

Meskipun remedial ini menunjukkan komitmen sekolah untuk membantu siswa mencapai kesuksesan akademis, ini juga menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya menjaga konsistensi dan keseriusan dalam belajar sepanjang tahun ajaran. Ini menjadi pelajaran berharga bagi siswa tentang pentingnya memperhatikan nilai dan pencapaian akademis mereka sepanjang masa sekolah.

Remedial juga menjadi kesempatan bagi guru dan staf sekolah untuk memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang membutuhkan, serta mengevaluasi kembali pendekatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tahun ajaran tersebut. Dengan adanya remedial, diharapkan tidak hanya siswa yang dapat meningkatkan nilai mereka, tetapi juga proses pembelajaran yang dapat ditingkatkan untuk masa depan.

“Dengan adanya remedial ini, tidak hanya akan membantu siswa meningkatkan nilai akademis mereka, tetapi juga mengingatkan kepada siswa – siswi untuk memperbaiki sikap dan keterampilan mereka. Dalam proses penilaian tidak hanya berfokus pada aspek nilai akademis, melainkan juga mencakup nilai sikap dan keterampilan siswa,” tegasnya.

SMA Negeri 1 Gomo tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan dukungan penuh kepada setiap siswa dalam mencapai potensi akademis mereka. Proses remedial ini bukan hanya tentang mencapai kelulusan, tetapi juga tentang memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk belajar, tumbuh, dan berkembang secara holistik. Semua pihak diharapkan bersatu dalam mendukung dan mendorong setiap langkah yang diambil demi menyukseskan masa depan siswa-siswa.

“SMA Negeri 1 Gomo tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan dukungan penuh kepada setiap siswa dalam mencapai potensi akademis mereka. Dengan demikian kami berharap semua pihak bersatu dalam mendukung dan mendorong setiap langkah ini demi menyukseskan masa depan anak-anak kita,” harapnya.

Guru & Siswa SMKN 1 Siduaóri, Beberkan Kronologis Dugaan Penganiayaan Yg Dituduhkan ke Safrin Zebua


Simak berita dan artikel lainnya di Google News
Ikuti update berita pilihan dan breaking news HarianNias.com lewat Saluran WhatsApp "BERITA HARIANNIAS.COM" Klik IKUTI untuk bergabung.
Lowongan Kerja Wartawan Harian Nias