Breaking News

Penyabar Nakhe: Melestarikan Alat Musik Tradisional Nias, Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Gunungsitoli, MimbarBangsa.co.id — Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Penyabar Nakhe terus berupaya melakukan kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia di Kepulauan Nias. Penyabar Nakhe melaksanakan kegiatan Pelatihan Memainkan Alat Musik Tradisional Kepulauan Nias, yang akhir-akhir ini sudah jarang diminati oleh generasi muda.

Menurutnya, alat musik merupakan satu warisan budaya leluhur yang harus tetap kita jaga dan lestarikan. Menjaga dan melestarikan alat musik dengan cara mengajarkan cara memainkan alat musik tersebut kepada generasi muda Ono Niha yang menjadi tonggak penerus budaya warisan leluhur.

“Kali ini saya memaknai bulan Bung Karno di bulan Juni ini dengan menggelar pelatihan memainkan alat musik tradisional Kepulauan Nias oleh pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rokckstar/Pemuda Desa Hilisataro sekitarnya Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan.” Tutur Penyabar, saat dikonfirmasi pada Kamis 24/05/21.

Para pemuda tersebut akan dilatih oleh instruktur alat musik Kepulauan Nias, yang langsung didatangkan dari Museum Pusaka Nias, Gunung Sitoli, Nias.

“Saya berharap, para pemuda yang mengikuti pelatihan ini nantinya dapat melatih para pemuda lainnya di Kepulauan Nias agar estafet pengetahuan tentang alat dan musik tradisional Kepulauan Nias senantiasa dilestarikan” ujarnya.

Kegiatan melestarikan alat dan musik tradisional yang dilaksanakan ini merupakan salah satu dari harapan Bung Karno yang tertuang dalam Trisakti Bung Karno.

Para pemuda yang memiliki jiwa dan kepribadian yang mencintai budaya dan menghormati leluhur, dasar dari sebuah pembangunan untuk menjadi bangsa yang besar.

Alat musik tradisional merupakan warisan leluhur yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Dengan munculnya alat-alat musik modern yang menjamur di jaman sekarang, alat musik tradisonal harus diajarkan kepada pemuda dan masyarakat kita agar dapat berjalan beriringan seiring dengan perkembangan jaman tanpa mengikis budaya yang sudah ada sejak lama.

dalam percakapan kami bersama, Penyabar Nakhe. Beliau sangat berharap alat musik Kepulauan Nias menjadi kebanggaan yang bisa kita suguhkan kepada para wistawan yang datang berkunjung ke Pulau Nias.

“Suatu saat nanti mereka akan menyuguhkan musik tradisional guna menyambut tamu turis, bila berkunjung ke Rock Star Beach yang merupakan salah satu spot surfing yang diminati para peselancar di dunia. Mari lestarikan alat musik tradisional Kepulauan Nias.” Himbaunya.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS