Breaking News

Program Pendampingan Kerja Mutu Jadi Solusi Atasi Learning Loss

Hulu Sungai Selatan, MImbarBangsa.co.id — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kerja sama dengan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) melaksanakan program Pendampingan Kerja Mutu untuk cegah learning loss akibat pandemi covid-19.

Hal ini dilakukan karena berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat salah satunya seperti tidak adanya gawai yang dimiliki setiap siswa menjadi beban yang sangat berat.

Program itu dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalsel dibuka secara resmi di Aula Dinas Pendidikan HSS, Kandangan, Rabu (18/8).

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih menyampaikan, Program ini merupakan pencarian solusi atas dampak belajar dari rumah yang berakibat learning loss kurang lebih 2 tahun terakhir.

“Dalam satu bulan ke depan kita akan mencari solusi dampak belajar dari rumah satu tahun lebih,” kata Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih juga mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang telah membangun sinergi dengan Direktorat Sekolah Dasar untuk mencegah terjadinya learning loss.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Kabupaten/Kota yang mau sama-sama membantu pencegahan terjadinya leraning loss yang semakin panjang dampak belajar dari rumah,” tambah Sri Wahyuningsih.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan HSS Hj. Siti Erma juga memberikan tanggapannya terhadap Program Pendampingan Kerja Mutu

“Kami harapkan program ini terlaksana sampai dengan selesai tanpa ada hambatan sehingga memberikan hasil yang kita harapkan dari program tersebut,” ujar Hj. Siti Erma.

Sekretaris Umum PP IPNU Mufarrihul Hazin menyampaikan program ini merupakan tahun ke dua IPNU bersama Kemendikbudristek RI melaksanakan program kejar mutu.

“Jika tahun pertama kita melaksanakan di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan dan tahun ini kami percayai untuk melaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan dan Dompu, Nusa Tenggara Barat,” kata Mufarrihul Hazin.

Doktor Unesa pada usia 25 Tahun ini juga menambahkan dalam pelaksanaan ini juga tentunya kami membutuhkan dukungan dan dukungan baik dari dinas pendidikan maupun kepada kepala sekolah masing-masing.

“Keberhasilan dalam program ini tentu saja menjadi sukses buat Hulu Sungai Selatan,” tambah Sekum PP IPNU itu.

Tak ketinggalan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) HSS Dr. Dini Mahdiny menyampaikan rasa syukur dengan adanya program Pendampingan Kerja Mutu tersebut dan dapat menjadi percontohan untuk pendidikan yang lebih baik.

“Kami merasa bersyukur bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten HSS, permasalahan siswa yang sudah tidak lagi datang ke sekolah menjadi permaslahan baru dan sangat mengkhawatirkan jika hal ini terjadi dalam waktu yang panjang,” kata Dr Dini Mahdiny.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS