Breaking News

Begal Sadis di Jakarta, Geng Motor "Make Muke" Berhasil di Amankan Polisi

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Polsek Kalideres, Jakarta Barat menetapkan 8 orang sebagai tersangka dalam kasus begal yang terjadi di Jl. Satu Maret Pengadungan Kalideres Jakarta Barat pada Minggu, 19/9/2021 sekitar pukul 04.00 WIB beberapa waktu yang lalu.

Geng Motor yang mengatas namakan sebagai kelompok geng motor Jakarta All Star Make Muke ini dari 11 orang yang diamankan, polisi menetapkan 8 orang sebagai tersangka yang memenuhi unsur pidana dan 1 (satu) orang tersangka terpaksa dilumpuhkan timah panas petugas karena berusaha melawan saat dilakukan penangkapan.

8 (delapan) orang yang ditetapkan sebagai tersangka diantaranya berinisial AN (18), SS (18), NR (19), FA (19), HA (24), FY (15), MR (15) dan RA (17).

Kapolsek Kalideres, Polres Metro Jakarta Barat, AKP Hasoloan Situmorang mengatakan pihaknya berhasil melakukan pengamanan terhadap para pelaku begal yang dikenal dengan sebutan geng motor Jakarta All Star Make Muke.

“Dari 11 orang yang diamankan pihaknya menetapkan 8 orang tersangka yang telah mencukupi unsur pidana,” Ujar Akp Hasoloan saat press conference di halaman Polsek Kalideres, Senin, 27/9/2021.

Hasoloan menjelaskan para pelaku terlebih dahulu merencanakan titik di satu lokasi lalu mereka mencari sasaran korbannya.

Lalu mereka berbagi tugas, ada yang bertugas melukai dan ada juga yang menakut nakuti korban dengan sajam. Kemudian apabila mereka sudah berhasil merampas kendaraan atau harta benda korban, yang lain akan mengambil dan menyembunyikan hasil kejahatan mereka. Apabila motor yang berhasil mereka dapatkan,  maka mereka akan mencopot plat nomor motor rampasan tersebut untuk menghilangkan jejak.

“Para pelaku sudah cukup mahir dalam hal ini,” kata Hasoloan

Berdasarkan hasil penyeliikan, mereka sudah beberapa kali melakukan aksi serupa di Jakarta Barat

“Mereka tergolong sadis, bahkan tidak sungkan untuk melukai korban dengan senjata tajam,” ujarnya.

Dari penangkapan tersebut pihaknya berhasil mengamankan 3 bilah celurit besar serta mengamankan motor dari korban maupun kendaraan pelaku yang digunakan untuk melakukan kejahatan.

“1 orang pelaku terpaksa kami lumpuhkan, karena saat melakukan penangkapan, pelaku berusaha menyerang petugas,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kanit Reskrim Polsek Kalideres, AKP Haris Sanjaya menjelaskan bahwa kelompok geng motor yang mengatasnamakan kelompok tersebut sebagai kelompok geng motor Jakarta All Star Make Muke tersebut biasa berkumpul pada malam minggu dan bertemu di daerah Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Mereka Kumpul Malam Minggu, saling berkomunikasi lewat media sosial Facebook,” ujar AKP Haris Sanjaya.

Haris menjelaskan kejadian tersebut bermula pada saat kejadian yang terjadi di Jl. Satu Maret, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, pada Minggu, 19/9/2021 sekitar pukul 04.00 WIB yang lalu hingga menimbulkan 2 orang korban pembegalan.

Korbannya adalah Dwi Prastyo (19) dan Dendi Prio Wicaksono (19) dimana satu diantaranya mengalami luka bacok pada bagian tangan dan paha hingga korban Dwi Prastyo (19) terjatuh dari motornya.

Pada saat geng motor tersebut bertemu dengan korban langsung ditikam, lalu korban jatuh disabet dengan senjata tajam.

“Setelah melukai korban, motor korban diambil dan korban dilarikan ke RS. Setelah kejadian tersebut, mereka langsung melarikan diri,” kata Haris

Berbekal informasi yang didapat kemudian tim buser melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan 11 orang, tapi hanya 8 yang jadi tersangka yang terlibat dalam kasus pencurian dengan kekerasan tersebut.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 365 KUHPidana. *(Okto Lase)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS