Breaking News

Terima Api PON, Bupati: Mimika Bisa Jadi Tuan Rumah PON Papua yang Baik

Mimika, MimbarBangsa.co.id — Bupati Mimika Eltinus Omaleng menerima Api Pekan Olahraga Nasional (PON) di Rumah Dinas Bupati pada Selasa (28/9/2021).

Berdasarkan pantauan InfoPublik.id, Api PON datang ke Rumah Dinas Bupati Mimika pada sekitar pukul 12.00 WIT yang dibawa oleh rombongan yang dipimpin oleh Atlet Legendaris Mimika Julius Uwe. Ketika datang rombongan disambut dengan tarian selamat datang khas tanah Papua.

Setelah itu, Api tersebut diserahkan secara simbolis kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang berada di sana.

Pada kesempatan kali itu, Bupati Eltinus mengatakan, api yang akan dikirabkan di Mimika selama satu hari ke depan merupakan suatu kebanggaan bagi daerah yang dipimpinnya. Sebab, adanya hal itu, menandakan kepercayaan pemerintah pusat yang menunjuk Mimika sebagai penyelenggara PON XX Papua.

“Kita jawab dengan bukti nyata bahwa Mimika bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi saudara sebangsa dan setanah air yang datang ke Bumi Cendrawasih tercinta Ini,” kata Bupati Mimika Eltinus Omaleng pada Selasa (28/9/2021).

Menurut dia, momentum ini harus dimanfaatkan dengan optimal oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, seluruh Indonesia mengetahui bahwa Mimika mampu menyelenggarakan ajang olahraga tingkat nasional.

Tersampaikan kesan ini, akan membuka peluang di masa mendatang wilayah ini dapat dipercaya menjadi tuan rumah berbagai ajang kompetisi olahraga tingkat nasional maupun dunia.

“Melaksanakan PON yang baru pertama kali dilaksanakan di luar pulau Jawa dan Sumatera ini, mengangkat harkat dan martabat kita sebagai rakyat Papua, khususnya Mimika,” tuturnya.

Tak hanya itu, momentum ini  juga akan membuat pertumbuhan perekonomian menjadi lebih meningkat daripada sebelumnya. Mengingat selama ini perekonomian di Mimika terdampak wabah global COVID-19.

Diharapkan, ke depan bisa membuat perekonomian Mimika menjadi lebih bergelora. “Pemerataan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Indonesia timur,” imbuhnya.

Diketahui, Kirab Api PON XX yang diselenggarakan pada 2 – 15 Oktober 2021.  Api diambil dari Klamono, Wilayah Adat Domberai, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, kemudian mengelilingi 5 wilayah adat di Provinsi Papua selama 6 hari berturut-turut dari 27 September hingga 2 Oktober 2021.

Kirab Api PON XX dimulai dari Biak (Seireri), Mimika (Mee Paqo), Wamena (La Paqo), Merauke (Ha Anim), Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura (Mamta/Tabi), dan berakhir di Stadion Lukas Enembe  Kabupaten Jayapura.

Di setiap kota, Api akan diterima dan dikirabkan mengelilingi kota kemudian disemayamkan sebagai simbol untuk ‘membagikan kehangatan’ bagi seluruh masyarakat Papua.

Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS