Breaking News

Tolak Vaksinasi, Warga Aceh Ngamuk Hingga Rusak Lokasi

Banda Aceh, MimbarBangsa.co.id — Sejumlah warga di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, mengacak-acak lokasi vaksinasi Corona. Belum ada penjelasan detail mengapa peristiwa itu terjadi.

Dalam video yang beredar di media sosial, Selasa (28/9/2021), massa berkumpul di lokasi yang dijadikan tempat vaksinasi. Di sana, beberapa orang tampak merusak meja. Masker dan kertas dokumen berserakan di lokasi.

Beberapa petugas keamanan mencoba menenangkan massa. Terdengar teriakan ‘hidup masyarakat’ dari sejumlah warga. Insiden itu disebut terjadi pagi tadi.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya, Safliati, mengatakan vaksinasi di lokasi tersebut digelar oleh pihak Puskesmas Sangkalan dan Muspika setempat. Dia menyebut aksi protes itu tidak berlangsung lama.

“Tadi waktu saya tiba di lokasi, kejadiannya sudah selesai. Petugas kita juga sudah dibawa ke Polres,” kata Safliati saat dimintai konfirmasi.

Dia menyebut ada delapan petugas kesehatan yang melakukan vaksinasi Corona di lokasi. Mereka diamankan ke Polres karena syok serta untuk dimintai keterangan.

“Petugas kita baik-baik saja, mungkin tadi ada yang syok,” jelas Safliati.

Menurutnya, vaksinasi Corona di lokasi itu baru dilakukan hari ini. Dia mengaku belum mengetahui ada-tidaknya dosis vaksin Corona yang rusak akibat insiden tersebut.

“Kami belum dapat menanyakan berapa dosis yang dibawa dan sudah terpakai ke tim karena mereka masih syok,” ujarnya.

Dia mengaku program vaksinasi Corona bakal terus dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan. Menurutnya, pengamanan bakal lebih diperketat.

“Vaksinasi di tempat keramaian memperketat pengamanan saja,” sebutnya.

Sumber: Detik

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS