Breaking News

Presiden Jokowi Secara Resmi Membuka Pekan Olahraga Nasional XX di Jayapura

Jayapura, MimbarBangsa.co.id — PON 2021 Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang dan dilaksanakan dalam empat klaster pertandingan yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, serta Merauke.

Keseluruhan cabang digelar di 49 venue pertandingan di keempat klaster tersebut. Jabar merupakan juara umum PON 2016.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

Pesta olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia terhitung sejak 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang, yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang.

Adapun tempat utama penyelenggaraan PON berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, berkapasitas 40.000 penonton.

Pembukaan PON Papua berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani. PON Papua dibuka dengan lagu ‘Sa Papua’ yang dibawakan oleh seniman tanah Papua seperti Edo Kondologit, Nowela, dan Michael Jakarimilena.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Jokowi saat membuka PON ke-XX Papua yang ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu malam (2/10/2021).

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku bangga karena PON untuk kali pertama digelar di tanah Papua. Ini menunjukkan bahwa Papua sudah maju dalam hal infrastruktur karena mampu menggelar acara bertaraf internasional.

“Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama. Kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke 20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” kata Presiden.

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua adalah capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan,” sambungnya.

Jokowi lantas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merasakan PON dengan segala suka cita dan menjadi ajang untuk menjalin kebersamaan satu sama lain.

“PON ini adalah panggung kebersamaan, panggung persatuan, panggung persaudaraan,” tegas Jokowi memungkas. ***

*Setkab/BPMI

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS