Breaking News

Sri Mulyani Bakal Usut Skandal Pandora Papers

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Pemerintah dari sejumlah negara akan menyelidiki data dan laporan Pandora Papers. Hal itu dilakukan karena begitu banyak pemimpin negara hingga pejabat publik yang harta tersembunyi terungkap. Bagaimana sikap dari pemerintah Indonesia?

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengungkap nanti akan ada pernyataan resmi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pengumuman sikap RI terhadap laporan Pandora Papers akan disampaikan pada Rapat Paripurna DPR RI.

“Kita tunggu pernyataan resmi Menkeu nanti sekalian Paripurna DPR,” katanya kepada detikcom, Selasa (5/10/2021).

Sebagai informasi, negara-negara lain sudah menentukan sikap mereka untuk menyelidiki Pandora Papers. Seperti Amerika Serikat (AS), Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan Negeri Paman Sam kini sedang meninjau temuan Pandora Papers. Tetapi tidak disebutkan bagaimana posisi negara dalam penyelidikan itu, apakah mendukung atau membantah.

Kemudian, pemerintah Pakistan juga akan mengidentifikasi laporan Pandora Papers yang telah membongkar harta tersembunyi milik Menteri Keuangan Pakistan Tarin hingga Perdana Menteri Pakistan Imran Khan.

Lalu, ada Kementerian Keuangan India yang juga akan menyelidiki laporan Pandora Papers. Laporan itu telah menyeret salah satu konglomerat di negaranya, yakni Anil Ambani.

“Pemerintah juga akan secara proaktif terlibat dengan yurisdiksi asing untuk memperoleh informasi sehubungan dengan pembayar pajak/entitas yang relevan,” kata Kemenkeu India.

Sumber: Detik

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS