Breaking News

Terobosan Baru, Xiaomi Umumkan Akan Produksi Mobil Listrik

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Raksasa teknologi China, Xiaomi mengumumkan akan mulai memproduksi mobil listrik pada semester I 2024. Pengumuman ini ditulis seorang eksekutif senior perusahaan pada Selasa melalui situs media sosial Weibo.

Xiaomi menunjuk divisi khusus untuk produksi kendaraan listrik, yaitu Xiaomi EV Inc. Perusahaan telah menginvestasikan dana US$1,55 miliar (sekitar Rp22,1 triliun) yang digunakan untuk mendirikan perusahaan barunya itu.

Sedangkan US$10 miliar (sekitar Rp142,6 triliun) diproyeksikan untuk kebutuhan biaya operasional bisnisnya selama 10 tahun ke depan.

“Saya bersedia mempertaruhkan reputasi personal saya dan bertarung untuk masa depan kendaraan listrik pintar kami,” kata CEO Xiaomi Lei Jun yang juga berperan sebagai pemimpin Xiaomi EV, mengutip Nikkei Asia.

Sementara Reuters menjelaskan Xiaomi EV sudah memperkejakan 300 karyawan dan jumlahnya akan terus bertambah.

Xiaomi EV disebut juga sudah menjalin komunikasi ke lebih dari 10 industri dan melakukan lebih dari 2.000 survei terkait pengembangan kendaraannya tersebut.

Bulan lalu Xiaomi dilaporkan telah berdiskusi dengan pengembang properti China, Evergrande Group, untuk membeli bisnis kendaraan listriknya. Namun kemudian dikonfirmasi tidak ada kesepakatan yang terjadi.

Xiaomi juga sudah mengumumkan akuisisi pengembang teknologi otomatisasi DeppMotion. Mereka berharap bisa menguasai pengembangan otomatisasi level 4, yakni teknoogi kendaraan yang bisa dikemudikan sepenuhnya tanpa sopir dalam kondisi normal.

Sumber: CNN Indonesiaa

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS