Breaking News

Gempa Hari Ini : Muara Enim Sempat Rasakan Guncangan Gempa

Muara Enim, Mimbarbangsa.co.id – Gempa bumi terkini kembali guncang wilayah Indonesia. Salah satunya terasa sampai ke Kecamatan Semende, Kabupaten Muara Enim, Selasa (21/12/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya beberapa guncangan gempa mengguncang wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Senin (21/12) sekitar pukul 23.15 warga Kecamatan Semende Darat Laut merasakan adanya getaran gempa yang menggucang wilayah ini.

Mahroni (43) mengatakan kepada awak media Mimbarbangsa.co.id bahwa akhir – akhir ini, guncangan gempa sempat membuat Ia dan warga sekitar panik.

“Sempat panik semalam dengan guncangan gempanya, sampai – sampai saya berusaha keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ujarnya.

Di himpun dari akun media sosial @Mas_Annadwi sebagai Penggiat Mitigasi Kebencanaan menjelaskan beberapa aktivitas yang berkaitan dengan gempa yang sempat terasa di wilayah Sumatera Selatan, berikut ulasannya :

(1). Berdasarkan koordinat titik pusat gempa di Pagar Alam maupun di Empat Lawang yang dirilis BMKG, jarak dengan Gunung Api Dempo lumayan jauh sekitar 30-45 Km (gambar ke-1 peta jarak episenter gempa dan G. Dempo).

(2). Berdasarkan monitoring PVMBG, Gunung Api Dempo selama 3 bulan terakhir belum menunjukkan adanya kenaikan aktivitas vulkanik (gambar ke-4, grafik kegempaan G. Dempo). Pada tanggal 12 Desember 2021 seismograf G. Dempo merekam dengan baik kejadian rangkaian gempa tektonik Pagar Alam dan dicatat sebagai gempa tektonik jauh.

(3). Hingga saat ini, Gunung Api Dempo (3173 mdpl) yang terletak di Kab\Kota Lahat, Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan, status aktivitasnya *LEVEL I (NORMAL)* dengan rekomendasi PVMBG:
“Agar masyarakat, pengunjung/wisatawan tidak mendekati dan bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah Marapi – G. Dempo dalam radius 1 km, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan”.

(4). Rekan-rekan dan masyarakat disekitar G. Dempo dihimbau untuk tidak terpengaruh isu-isu yang belum jelas kebenarannya.
Aktivitas vulkanik harian G. Dempo dapat dipantau melalui aplikasi dan website : Magma Indonesia; https://magma.esdm.go.id/

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS