Breaking News

PDIP Sebut Ahok Penuhi Syarat jadi Pimpinan Ibu Kota Baru Nusantara

Jakarta, MimbarBangsa.co.d — Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut memenuhi syarat-syarat menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu seperti disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto mengatakan, memang terkait nanti figur siapa yang akan dipilih menjadi pemimpin IKN itu sepenuhnya kewenangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Namun PDIP punya calon-calon yang dianggap memenuhi kriteria dalam memimpin IKN salah satunya Ahok.

“Tapi siapa yang akan diputuskan itu kami serahkan kepada Presiden Jokowi hanya saja PDIP punya nama-nama calon yang memenuhi syarat untuk itu termasuk pak Basuki Tjahaja Purnama beliau juga punya kepemimpinan yang cukup baik, selama menjadi wakil gubernur dan gubernur di Jakarta,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (27/1/2022).

Di sisi lain, memang dalam memimpin IKN Hasto mengatakan, diperlukan sosok pemimpin yang memiliki pandangan yang visioner, komprehensif, dan juga memiliki pemahaman terhadap tata kota.

Sosok tersebut juga diminta bisa memadukan antara gambaran smart city dengan aspek kultural.

“Untuk mencerminkan bagaimana kebudayaan dari bangsa indonesia dan juga dari pandangan geopolitik, di mana sejak zaman Bung Karno Kalimantan itu ditempatkan sebagai koridor yang strategis di dalam membangun kepemimpinan Indonesia bagi dunia,” tuturnya.

“Tapi siapa yang akan diputuskan itu kami serahkan kepada presiden Jokowi,” sambungnya.

Hasto juga menambahkan, Jokowi telah mengantongi sejumlah nama yang akan dipilih nantinya sebagai pemimpin IKN.

“Jadi saya mendengar ada banyak nama yang telah disaring dipertimbangkan oleh bapak presiden,” tandasnya.

Sumber: Suara. com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS