Breaking News

Presiden Diminta Tunjuk Putra Daerah Kalimantan Sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diusulkan dipilih dari putra daerah atau orang asli Kalimantan. Hal ini sebagai wujud keterwakilan masyarakat daerah sebagai pemimpin pembangunan wilayahnya.

Usulan ini diungkapkan Anggota DPD-RI Gusti Farid Hasan Aman kepada Presiden Joko Widodo.

“Saya minta konkret, Kepala Ban Otorita yang dipilih presiden ini orang kalimantan. Kepala otoritanya orang kalimantan,” ungkap Farid dalam Rapat Kerja Komite IV DPD dengan Menteri Keuangan, Jakarta, Senin (24/1/2021).

Permintaan lain, jajaran pejabat negara mulai dari Presiden, Wakil Presiden, hingga para menteri koordinator untuk tinggal beberapa waktu di Kalimantan.

Tujuannya agar mengetahui kondisi Kalimantan sehingga menepis polemik Kalimantan sebagai tempat buang jin anak.

“Tinggallah sebulan atau dua bulan di Kalimantan, jangan tunggu bangunan baru jadi baru pindah.

Terkait pendanaan pembangunan IKN Nusantara, Farid mengusulkan pemerintah memberikan penjelasan yang tegas. Bila menggunakan pembiayaan persentasenya berapa banyak.

“Banyak hal yang abu-abu di IKN ini,” kata dia.

Bila perlu, kata dia, anggaran pembangunan IKN masuk dalam APBN. Ditetapkan selayaknya pemerintah mengalokasikan persentase dana pendidikan dan kesehatan. Sehingga tidak ada lagi kesimpangsiuran pendanaan APBN ditengah masyarakat.

“Saya usulkan blocking saja di UU APBN seperti dana pendidikan dan kesehatan. Jadi sudah jelas 5 persen APBN ini untuk IKN,” kata dia.

Sumber: Merdeka. com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS