Breaking News

Prabowo Sebut Banyak Negara Tertarik Membeli Pesawat Buatan Indonesia

Jakarta, Mimbarbangsa.co.id — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut banyak negara yang menyatakan ketertarikannya membeli pesawat buatan industri Indonesia, yakni pesawat CN235. CN235 merupakan pesawat penumpang sipil angkut jenis turboprop kelas menengah bermesin dua.

Hal itu dikatakan Prabowo saat menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama penjualan dan pengembangan pesawat CN235 antara PTDI dengan Jet Investment Group SARL, di Hanggar Fixed Wing Final Assembly Line, PTDI, Bandung, Rabu (2/2/2022).

“Seperti Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, dan beberapa negara Asia dan Eropa. Oleh karena itu, momentum ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh PTDI,” ujar Prabowo.

Prabowo menyatakan, pemerintah Indonesia juga berencana membeli 10 pesawat CN235 produksi PTDI. Prabowo berharap PTDI bisa meningkatkan kapasitas produksi.

“Dari yang saat ini empat unit pesawat CN235 per tahun agar dapat meningkat menjadi 24 unit pada tiga tahun mendatang secara berkala, untuk memenuhi permintaan dari dalam negeri dan luar negeri,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kapasitas industri pertahanan dalam negeri, Kementerian Pertahanan juga mendukung dengan memaksimalkan kesepakatan Transfer of Technology (ToT) dari negara lain.

“Dia (negara lain) harus membantu mengembangkan PTDI. Dia harus investasi di sini,” katanya.

Penandatanganan MoU antara PTDI dengan Jet Investment Group SARL dilakukan oleh Direktur Utama PTDI Marsda TNI Gita Amperiawan dan CEO Jet Investment Group SARL Yves-Michel Deloche. Prabowo berharap kerja sama ini menjadi langkah awal memperluas pemasaran produk-produk PTDI, terutama CN235 ke pasar internasional.

“Kita ingin mengembalikan PTDI pada tingkat yang pernah dicapai dan kembali menjadi kebanggaan bangsa sebagai bukti kebangkitan Indonesia,” katanya.

Sumber: iNews

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS