Breaking News

Situasi Mencekam di Kiev Setelah Pasukan Rusia Masuk

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Pasukan Ukraina kini telah memasuki Kiev, ibu kota Ukraina di hari kedua invasi Rusia. Pertempuran sengit dan kekacauan pun terjadi.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (25/2/2022), seorang pria berpakaian sipil tewas tergeletak di trotoar lingkungan perumahan di Kiev utara, sementara di dekatnya, tentara-tentara Ukraina mengambil posisi di bawah penutup sebuah gedung berlantai dua.

Puluhan meter dari situ, petugas medis bergegas untuk menolong seorang pria yang mengendarai mobil, yang benar-benar hancur di bawah roda sebuah kendaraan lapis baja.

Sekelompok tentara Rusia meninggalkan jejak kerusakan setelah bentrokan sengit meletus di dalam wilayah Kiev untuk pertama kalinya. Para pejalan kaki berlarian menyelamatkan diri saat tembakan senjata dan ledakan-ledakan meletus di distrik Obolonsky di utara Kiev.

Ledakan yang lebih besar bahkan terdengar di pusat kota, di mana penduduk mengalami malam pertama yang menegangkan di bawah aturan jam malam dan suara-suara ledakan.

Saksi mata mengatakan mereka melihat mayat yang tampak seperti dua tentara Rusia yang tewas di dekat truk, tetapi militer Ukraina, yang sedang memeriksa mobil yang rusak itu, tidak mengizinkan AFP untuk mendekat.

“Dua kendaraan tempur infanteri dengan tanda pengenal tersembunyi sedang melaju di sepanjang jalan. Saya tidak melihat lencana unit itu,” kata warga sipil, Yevgen Nalutay (39). “Orang-orang berlarian,” ujarnya.

Warga Kiev lainnya, Viktor Berbash (58) mengatakan kepada AFP bahwa dia berlari ke balkonnya setelah mendengar suara tembakan.

“Saya melihat kendaraan lapis baja dan ada tembakan otomatis,” tuturnya. Dia mengaku menyaksikan seorang warga sipil di dalam mobil yang dihancurkan oleh sebuah tank – sebuah langkah yang disengaja, katanya. Dia tidak yakin apakah pengemudinya selamat atau tidak.

Pasukan Rusia pertama kali tiba di pinggiran Kiev pada hari Kamis (24/2) ketika gelombang pasukan yang diangkut dengan helikopter menyerang lapangan terbang Gostomel di luar Kiev, dekat dengan Obolonsky.

umber: Detik.com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS