Breaking News

Bupati Sleman Laksanakan Sosialisasi Tera Timbangan di Pasar Kolombo

Sleman, Mimbarbangsa.co.id —  Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo bersama Disperindagkop Kabupaten Sleman melakukan kegiatan Sosialisasi Tera Timbangan di Pasar Kolombo Condongcatur, Depok, Sleman, Jumat 4/3/2022.

Dalam kegiatan ini Bupati Sleman bersama jajarannya didampingi Lurah Pasar Kolombo, Murgiyanta berkeliling pasar sambil berinteraksi dengan para pedagang, dan memberikan sosialisasi pentingnya Tera Timbangan, sekaligus membagikan pamflet dan masker kepada para pedagang pasar Kolombo.

Tujuan dilaksanakan tera ulang adalah untuk melindungi masyarakat baik konsumen maupun produsen (pelaku usaha) dari kecurangan yang berkaitan dengan pengukuran serta menjamin kebenaran hasil pengukuran, sesuai dengan amanat dari UU Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan sebagai perwujudan UU Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Disperindagkop Kabupaten Sleman melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan metrologi legal akan segera menindaklanjuti dengan menjadwalkan Tera Timbangan (KIR) secara gratis di pasar Kolombo dan pasar pasar-pasar tradisional lainya.

Tugas pokok UPTD Pelayanan Metrologi Legal Disperindagkop Kabupaten Sleman mempunyai tugas pokok yaitu
Pelaksanaan tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) metrologi legal
pengelolaan standar ukuran untuk memelihara ketertelusuran standar ukuran ke tingkat nasional
Pengelolaan cap tanda tera.

Dalam tera ulang timbangan yang kurang akurat, akan diperbaiki dan diuji lagi agar timbangan lebih akurat, setelah beberapa proses uji dinyatakan lolos timbangan akan diberi tanda khusus dan dikembalikan pada pedagang. (Ome)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS