Breaking News

Dua Siswa MAN 2 Pekanbaru Dapat Beasiswa Pertukaran Pelajar ke AS

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Pekanbaru berhasil lolos seleksi program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS). Kedua siswa tersebut yaitu Fayyaza dan Zidane Al Nabil. Program pertukaran pelajar itu diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya.

Fayyaza sendiri adalah siswa kelas XI MIPA 7 Riset yang berasal dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Ia berhasil lolos dalam program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (KL-YES) 2022.
Rencananya Fayyaza akan belajar di Amerika Serikat selama satu tahun. Fayyaza akan berangkat ke Amerika Agustus 2022 nanti.

Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MAN 2 Kota Pekanbaru tersebut membeberkan rahasia agar lolos program pertukaran pelajar. Ia mengatakan pengalaman organisasi dan prestasi menjadi salah satu faktor pendukung agar dapat lolos di program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study.

Sementara itu untuk Nabil berhasil lolos di program Academic Leadership Experience (ALEX) dan akan berangkat pada Juli mendatang. Nabil bercerita ia bermimpi belajar ke luar negeri sejak kecil.

Program yang diambil Nabil sempat tertunda karena pandemic COVID-19. Seharusnya, Nabil berangkat di tahun 2020, ia pun sempat menjalankan program secara virtual.

“Karena mungkin dianggap kurang maksimal akhirnya pihak penyelenggara mengundang kembali peserta yang batal berangkat untuk mengikuti program jangka pendek ALEX selama dua minggu di Washington,” kata Nabil yang dikutip dari laman Kemenag.

Melihat prestasi tersebut, Kepala MAN 2 Kota Pekanbaru Ghafarbi menjelaskan jika program pertukaran pelajar itu adalah beasiswa penuh dari US Department of States yang dikelola oleh American Councils.

Kedua siswa tersebut akan berangkat di tahun 2022.

“Kami merasa bangga atas capaian luar biasa dari siswa dan siswi MAN 2 Kota Pekanbaru. Bisa jadi contoh yang baik dan penyemangat bagi siswa lain untuk bisa mengikuti jejak mereka,” kata Ghafardi.

Ghafardi juga menjelaskan jika MAN 2 sangat mendukung siswa-siswi yang ingin melakukan pertukaran pelajar. Pihak MAN juga akan memudahkan perizinan.
Prestasi dua siswa MAN 2 Pekanbaru ini mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin. Ia berharap capaian prestasi ini dapat melecut semangat siswa madrasah lainnya untuk berprestasi dan beriniovasi di bidang riset dan bidang lainnya.

Alhamulillah dua orang anak kita berhasil lolos dalam program pertukaran pelajar, Tentu ini sangat luar biasa. Semoga kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menimbah ilmu dan pengalaman serta mengembangkan akses ke Amerika,” kata Mahyudin.

Sumber: Detik.com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS