Breaking News

Harapan Gubernur NTB Pada Y-20 Dorong Peran Pemuda Membangun Industri Digital

Lombok Barat, MimbarBangsa.co.id – Gubernur NTB Zulkieflimansyah membuka Pra-KTT Youth-20 (Y-20) Indonesia 2022, di Lombok Barat, NTB, Sabtu (23/4/2022). Y-20 merupakan forum para pemimpin muda dari seluruh negara anggota G-20.

Zulkieflimansyah mengaku bangga NTB menjadi tuan rumah Pra-KTT Y-20. Ajang internasional ini diharapkan memperkuat koneksi NTB bukan hanya di level nasional, tetapi juga internasional. Forum ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama dengan kehadiran para pemimpin muda dari berbagai negara. Untuk itu, Zulkieflimansyah berharap Y-20 dapat mendorong peran pemuda untuk membangun industri digital.

“Ini menjadi tempat kita berinteraksi dan belajar bersama. Mudah-mudahanlah transformasi digital betul-betul banyak bermunculan ide-ide baru. Apalagi saya sarankan agar di kegiatan ini yang bicara bukan hanya pejabat-pejabat namun juga tokoh-tokoh muda yang punya peran dalam membangun industri yang bergerak di era digital,” katanya.
Selain itu, Bang Zul, sapaan Zulkieflimansyah berharap masyarakat, terutama generasi muda menggunakan dan memanfaatkan teknologi secara bijak, sehingga terhindar dari isu-isu hoax.

“Teknologi ibarat pedang dua sisi, tentu kita akan memperoleh banyak manfaat, namun jika digunakan dalam kejahatan akan berdampak buruk akan tetapi jangan terlalu takut berlebihan terhadap teknologi,” tegasnya

Sementara itu Co-Chairs Y-20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar menambahkan, forum ini akan fokus membahas isu transformasi digital. Hasil dari pembahasan yang diperoleh serta masukan pemuda Lombok, Sumbada dan Indonesia Bagian Tengah akan dibawa pada acara puncak yakni di KTT Y20 di Jakarta dan Bandung Juli mendatang.

“Kemudian pada saat itu akan kita rancang satu dokumen yang berupa deklarasi pemuda, di mana yang menandatangani bukan hanya pemuda dari Indonesia, tetapi dari seluruh negara G-20. Kita akan menyampaikan isu-isu penting bagi pemuda dunia dan itu akan kita serahkan langsung kepada pak Presiden Joko Widodo, agar diperjuangkan menjadi kebijakan dan rekomendasi di deklarasi para pemimpin dunia di pertemuan G-20 nanti,” ungkapnya.
Untuk itu, masukan dari para pemuda NTB akan dibawa bukan hanya pada level nasional, tetapi juga ke level internasional. Transformasi digital ini memberikan banyak manfaat dan tidak tertutup kemungkinan akan adanya kejahatan jika disalahgunakan.

“Edukasi itu penting. Sehingga kemanfaatan dari transformasi digital ini memberikan manfaat bagi semua,” tandasnya

Michael Victor Sianipar berharap para pemuda tidak perlu takut dan alergi berlebihan dengan transformasi digital akibat dampak negatifnya. Dikatakan, kemajuan teknologi dapat meminimalisir dampak yang timbul oleh teknologi.

Sumber: https://www.beritasatu.com/nasional/919869/gubernur-ntb-harap-y20-dorong-peran-pemuda-membangun-industri-digital?utm_source=headline&utm_medium=article&utm_campaign=Headline-Section

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS