Breaking News

71 Ekor Hewan Ternak di Tapanuli Selatan Diberi Vaksin PMK

Tapanuli Selatan, MimbarBangsa.co.id – Total sebanyak 71 ekor hewan ternak yang berada di Kecamatan Angkola Sangkunur dan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara pada Selasa (19/7/2022) pagi diberikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Tampak, pihak Polsek Batang Toru dan Koramil Batang Toru, mendampingi Dinas Pertanian Tapsel dalam memberikan vaksin kepada hewan ternak tersebut.

Kapolsek Batang Toru, AKP Tona S. yang terjun langsung dalam kegiatan tersebut menjelaskan, semula pihaknya bersama stakeholder lain menyambangi Dusun Pondok Jati, Kelurahan Perkebunan Batang Toru. Di sana, pihaknya bertemu dengan pemilik ternak, Sugito dkk.

“Di peternakan milik Bapak Sugito dkk, terdapat 30 ekor sapi/lembu. Dan yang berhasil divaksin PMK sebanyak 20 ekor.” kata Kapolsek saat ditemui, Rabu (20/7/2022) pagi.

Selanjutnya, sebut Kapolsek, pihaknya menyambangi Desa Aek Bustak dan bertemu dengan pemilik ternak sapi/lembu di sana dan menjelaskan dari 30 ekor hewan ternak, sebanyak 26 berhasil diberi vaksin PMK. Masih di lokasi yang sama, pihaknya juga bertemu dengan peternak, Suartin.

“Dari 10 ekor sapi/lembu milik Suartin, 5 di antaranya sukses divaksin PMK,” tambah Kapolsek.

Setelah itu, pihaknya dan rombongan bertolak ke Desa Bandar Tarutung, Kecamatan Angkola Sangkunur. Disana, bertemu dengan kelompok ternak sapi/lembu yang diketuai Kardi. Dijelaskan Kardi, bahwa di kelompok ternak mereka terdapat 20 ekor sapi/lembu.

“Kemudian, petugas PMK memberikan vaksin terhadap 20 ekor sapi/lembu pada kelompok ternak tersebut.” terangnya.

Lanjut Kapolsek, pada kegiatan hari itu, setidaknya ada 51 ekor hewan ternak di Kecamatan Batang Toru yang divaksin PMK. Sedangkan di Kecamatan Angkola Sangkunur, ada 20 hewan ternak yang divaksin PMK.

“Adapun jenis vaksin PMK yang disuntikkan ke hewan ternak sapi/lembu, adalah Aftopor.” tandasnya mengakhiri. (Wirman)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS