Breaking News

Pengertian Alat Ukur Massa Beserta 5 Jenisnya

Jakarta, MimbarBangsa.co.id — Apakah kamu pernah menimbang telur di pasar dengan alat ukur massa atau neraca? Yap, alat ukur massa adalah instrumen neraca yang digunakan untuk mengukur dan membandingkan massa pada suatu objek tertentu.

Kira-kira apa pengertian dan jenis-jenis dari alat ukur massa?

Pengertian Alat Ukur Massa

Mengutip dari buku Praktis Belajar Fisika untuk Kelas X SMA/MA (2007) yang ditulis oleh Aip Saripudin dan kawan-kawan, jika alat ukur massa atau yang sering disebut sebagai neraca adalah alat untuk membandingkan nilai besaran yang diukur dan ditetapkan sebagai satuan.

Oleh karena itu, menggunakan alat ukur massa untuk mengukur besaran pada massa sangat tergantung pada konteks skala terkecil dari alat tersebut. Di mana semakin kecil skala yang tertera, maka akan semakin tinggi tingkat keakuratan dari alat tersebut.

Pertanyaanya, apa itu massa? Jadi, massa adalah akumulasi dari zat yang terdapat pada suatu benda. Kemudian, massa ini memiliki satuan kilogram (kg) yang sudah disepakati secara universal. Dalam hal-hal yang sifatnya praktis, massa sering disebut juga sebagai berat pada suatu objek.

Jenis Alat Ukur Massa

Jenis dari alat ukur massa atau neraca ini cukup variatif. Berikut merupakan jenis-jenis neraca untuk mengukur massa yang harus kamu tahu:

1. Neraca Sama Lengan

Neraca sama lengan ini memiliki dua lengan yang sama panjang (linier) dan terbuat dari logam. Neraca sama lengan ini digunakan untuk menimbang massa atau berat dari suatu objek. Kemudian, lengan yang satu digunakan untuk wadah bagi suatu objek dan lengan satu lagi digunakan untuk meletakkan bobot timbangan.

2. Neraca Lengan Gantung

Neraca lengan gantung memiliki konsep kerja seperti tuas dan memiliki prinsip kesetaraan gravitasi pada kedua lengannya. Di mana neraca lengan gantung terdiri dari lengan pemberat yang berisi skala, lengan untuk wadah beban objek, dan wadah timbangan.

3. Neraca Tiga Lengan

Neraca ohaus tiga lengan ini digunakan untuk mengukur berat pada objek yang dalam praktiknya sering dipakai di laboratorium. Nah, interval dari neraca tiga lengan ini antara lain dari 0-311 gram dengan validitas ketelitian hingga 0,1 gram.

4. Neraca Pegas

Neraca pegas ini memiliki dua jenis skala, yaitu skala kilogram dan gaya (newton). Di mana pengukuran menggunakan neraca pegas ini didasarkan pada konteks nilai dari konstanta pegas yang dibatasi dalam daerah operasi linier dari pegas tersebut.

5. Neraca Digital

Di zaman yang serba digital, neraca pun bertransformasi hingga diciptakannya neraca digital. Neraca digital ini memiliki sistem yang lebih otomatis dan valid dalam mengukur massa dari suatu objek.

Nah, itu adalah pengertian alat ukur massa beserta jenis-jenisnya. Selamat belajar!

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS