Breaking News

Setiap Cemas Sering Ngerasa Mual & Ingin Muntah, Kenapa Ya?

Jakarta , MimbarBangsa.co.id — Pernahkah ketika ingin melakukan presentasi atau ujian tiba-tiba saja kamu merasa mual? Ini bisa jadi diakibatkan karena perasaan cemas.

Pada dasarnya rasa cemas atau gugup bisa dialami oleh semua orang. Namun ketika perasaan tersebut dirasakan berlebihan maka akan memicu respons dari tubuh.

Mengutip Very Well Mind, reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh tersebut bisa berbeda-beda setiap orang. Mulai dari kram, keringat dingin, jantung berdebar hingga mual.

Alasan Merasa Mual hingga Ingin Muntah saat Cemas

Seringkali saat sedang cemas, tubuh mendadak merasa mual. Bahkan dalam kondisi tertentu, rasa mual ini tidak tertahankan hingga ingin muntah. Namun sebetulnya apa kaitan antara cemas dan mual?

Mengutip Medical News Today, kecemasan merupakan respons alami tubuh terhadap suatu bahaya atau ancaman, termasuk stres. Dalam keadaan cemas, otak akan secara otomatis melepaskan senyawa kimia yang disebut neurotransmitter.

Tujuannya tidak lain untuk mempersiapkan tubuh dalam keadaan siap berperang melawan bahaya atau ancaman tersebut. Selanjutnya neurotransmitter diteruskan ke sejumlah bagian tubuh. Senyawa ini akan meningkatkan detak jantung, membuat otot berkontraksi, serta napas menjadi lebih cepat.

Sebagian dari neurotransmitter ini masuk ke dalam saluran pencernaan. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan mikrobioma di usus. Hal inilah yang menyebabkan mual hingga timbul rasa ingin muntah.

Cara Atasi Kecemasan

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan. Salah satu cara yang paling ampuh ialah dengan mengetahui dulu sumber atau sebab datangnya kecemasan tersebut, lalu langsung mengatasinya agar kecemasan tersebut tidak berlarut-larut.

Sumber: Detik. com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS