Breaking News

Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Pastikan Korban Tewas 162 Orang, Mayoritas Anak-anak

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil memastikan jumlah korban yang tewas akibat gempa Cianjur sebanyak 162 orang. Mayoritas korban adalah anak-anak, karena saat gempa Cianjur terjadi banyak anak yang masih berada di sekolah atau pesantren.

“Sebanyak 162 meninggal dunia dan 326 orang luka-luka. Mayoritas karena patah tulang dan tertimpa benda tajam,” ujar Ridwan Kamil dalam jumpa pers Senin (21/11/2022) malam.

Gubernur Jawa Barat mengatakan, jumlah warga yang mengungsi saat ini lebih dari 13.000 orang. Sementara, bangunan yang rusak parah, antara 60-100 persen, sebanyak 2.345 unit.

“Skala gempa sedang, tetapi daya rusak yang besar. Ada sekitar 3 lokasi jalan nasional yang terisolasi, tetapi dari laporan sudah normal. Juga ada beberapa jalan kabupaten yang masih terisolasi,” ujar Ridwan Kamil.

Dia juga mengatakan, mayoritas korban yang meninggal dunia akibat gempa Cianjur adalah anak-anak. Hal itu terjadi karena saat gempa terjadi sekitar pukul 13.21 WIB, anak-anak itu sedang berada di sekolah atau pesantren.

Untuk menangani para korban, Pemprov Jabar telah menyiapkan tiga rumah sakit, yakni RSUD Sayang, RS Cimacan, dan RS Polri Bhayangkara. Selain itu, beberapa rumah sakit yang ada di luar Kabupaten Cianjur juga telah disiagakan.

“Diharapkan tidak ada korban yang berada di luar rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan,” ujar Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar juga mengatakan, pihaknya menduga jumlah korban tewas dan luka-luka akan terus bertambah, terutama setelah dilakukan evakuasi. Dia menduga, saat ini masih banyak warga yang terperangkap reruntuhan bangunan dan tanah longsor.

Dikatakan pula, situasi di lokasi saat ini mayoritas gelap gulita karena baru sekitar 20% listrik di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya yang menyala. Hal ini juga yang membuat proses evakuasi baru bisa dilakukan secara maksimal pada esok hari.

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy akan meninjau lokasi pada Selasa (22/11/2022). Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan datang pada Rabu (23/11/2022).

Sumber: Beritasatu.com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS