Breaking News

5 Hal Ini Harus Dilakukan Belanda untuk Kalahkan Argentina

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Timnas Belanda memperlihatkan kemajuan penampilan ketika mengalahkan Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Konsistensi permainan itu patut mereka pertahankan jika ingin mengalahkan Argentina di babak perempat final, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Penampilan Lionel Messi dan kawan-kawan sejauh ini belum terlihat sebagus yang diharapkan banyak orang sejak awal turnamen tetapi menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

Dengan juara Copa America tidak dalam kondisi terbaiknya, maka menjadi kesempatan buat Belanda untuk memaksimalkan peluang itu.

Terakhir kali, Argentina mengalahkan Belanda di perempat final lewat adu penalti di Piala Dunia 2014.

Inilah yang dibutuhkan Louis van Gaal untuk timnya bisa membalas kekalahan delapan tahun lalu.

1. Hentikan Jalur Suplai Bola ke Lionel Messi

Menghentikan Messi ketika dia sudah menguasai bola di area berbahaya hampir tidak mungkin. Untuk itu para pemain Belanda harus bisa mengurangi seminimal mungkin aliran bola ke Messi. Van Gaal mampu melakukannya pada tahun 2014 dengan membuat Nigel de Jong menempel Messi seperti lem.Hasilnya ketika itu Messi hanya bisa melakukan satu tembakan selama 120 menit. Van Gaal mungkin akan menggunakan pendekatan yang sama kali ini, dengan Marten de Roon mungkin diberi tugas yang tidak menyenangkan tersebut. Butuh lebih dari sekadar menjaga ketat Messi untuk menghentikannya.

Penyerang Belanda harus memotong jalur passing kepadanya. Para pemain bertahan harus siap mengantisipasi jika Messi berhasil menerobos.

2. Berlari di Lini Belakang Lawan

Pertahanan Argentina sejauh ini belum mumpuni di Qatar setelah kebobolan tiga gol dalam empat pertandingan. Namun, tim Amerika Selatan sejauh ini hanya menghadapi tim-tim yang terlalu senang untuk duduk dan jarang melancarkan serangan balik cepat.

Penting buat penyerang Belanda melakukan serangan secara langsung beradu cepat dengan bek Argentina terutama Nicolas Otamendi yang sudah berusia 35 tahun. Smentara Nahuel Molina dan Marcos Acuna bukanlah bek sayap yang paling defensif mengingat mereka berdua adalah pemain sayap yang dikonversi.Sulit membayangkan salah satu dari mereka akan mampu konsisten bertahan jika terus-menerus dihantam oleh pemain-pemain seperti Memphis Depay, Cody Gakpo dan Steven Bergwijn. Dengan tiga pemain depan yang begitu cepat untuk dihadapi, lini belakang Argentina akan dipaksa untuk duduk lebih dalam atau berisiko terekspos saat istirahat.

3. Manfaatkan Set-Piece Sebaik-baiknya

Argentina adalah tim terpendek secara postur yang tersisa di Piala Dunia. Ini menjadi kesempatan buat Belanda terutama dalam memanfaatkan bola-bola mati dan bola-bola udara.

Belanda memiliki pemain yang bagus terutama dalam memberikan assist umpan silang, salah satunya adalah Gakpo, yang telah membuat banyak assist dari sepak pojok di level klub.

Namun sejauh ini Gakpo belum menunjukkan itu di Qatar.

4. Maksimalkan Peran Frenkie de Jong

Jika Belanda mencoba menghentikan Messi, maka Argentina pastinya akan mencoba membungkam Frenkie de Jong. Pemain Barcelona itu memulai serangan demi serangan dengan operan dan dribblingnya ketika melawan Amerika.

Van Gaal pastinya menyadari De Jong akan mendapat perhatian besar dari pemain Argentina. Mantan pelatih MU itu tentunya punya cara mengatasi hal ini, apakah dengan memindahkan pemainnya atau mengutak-atik keseluruhan sistem. Tampaknya perubahan drastis hanya untuk satu pemain, tetapi itu layak dilakukan. Dia bisa mengontrol lini tengah sendiri jika bisa mendapatkan kepemilikan.

5. Siapkan Pemain dengan Postur Tinggi

Seperti yang telah kami sebutkan, Argentina bukanlah tim tertinggi, jadi jika sangat membutuhkan gol, ada satu solusi yang jelas untuk Van Gaal. Wout Weghorst dan Luuk de Jong keduanya memiliki tinggi lebih dari 6 kaki dan memberikan ancaman besar untuk bola-bola udara.

Van Gaal telah mengatakan dia akan mempertimbangkan untuk memainkan mereka berdua dan memasukkan umpan silang ke dalam situasi yang mengerikan. Rencana seperti itu akan sangat efektif dalam pertandingan ini.

Sumber: BeritaSatu.com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS