Breaking News

Ada 'Kemenkes RI' di Serial HBO Dibintangi Christine Hakim, Ini Faktanya

Jakarta, MimbarBangsa.co.id  -Netizen ramai menyoroti serial film HBO The Last of Us. Selain karena salah satu pemain film-nya adalah Christine Hakim, disebut sebagai ilmuwan yang mengidentifikasi jamur berbahaya bagi manusia, beredar juga latar belakang kantor Kementerian Kesehatan Indonesia.

Konon, Indonesia disebut menjadi pusat wabah infeksi jamur yang bisa menghancurkan dunia. The Last of Us merupakan serial adaptasi dari video game berjudul sama dari pengembang Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) Siti Nadia Tarmizi memastikan pihaknya tidak memiliki kaitan apapun dengan film tersebut. Termasuk dugaan pelaksanaan syuting yang disebut-sebut dilakukan di Kemenkes RI.

”Iya (itu cuma properti). Ini kita nggak ada front office begini ya,” tutur dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom Senin (19/12/2022.

dr Nadia juga menyebut dalam waktu dekat tidak adapula rencana untuk pelaksanaan syuting film terkait. Terkait alasan dipilihnya Indonesia menjadi latar belakang infeksi wabah jamur, juga tidak diketahui.

Namun, satu hal yang dipastikan adalah cordyceps brain infection merupakan cerita fiksi. Hingga kini, tidak ada bukti sejenis jamur tersebut berbahaya bagi manusia. Jamur ini terkenal sebagai pengobatan tradisional di China yang digunakan sebagai suplemen.

”Kita dalam waktu dekat juga tidak ada ya (syuting) itu,” kata dr Nadia.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS