Breaking News

Liburan Aman Saat Pandemi, Berikut Tips Hemat Keliling Indonesia

Jakarta, MimbarBangsa.co.id –  Indonesia yang merupakan negara kepulauan, memiliki sejuta panorama alam yang indah. Tak hanya itu, berbagai destinasi wisata menarik sekaligus kuliner lezat di setiap daerah menambah nilai plus untuk dikunjungi.

Nah, dari semua kekayaan yang dimiliki Indonesia, setiap orang tentunya tertarik untuk berlibur sekaligus berkeliling menikmatinya. Terlebih, adanya moda transportasi umum seperti bus atau shuttle bus, wisatawan akan mudah menjelajahi berbagai kota di Indonesia. Apalagi, tiket bus juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.Melansir laman Antara, Sabtu (10/12/2022), berikut cara liburan berkeliling Indonesia dan tips perjalanan hemat dengan harga tiket bus yang terjangkau.

Masyarakat Indonesia sangatlah menyukai perjalanan darat menggunakan bus. Oleh karena itu, ada banyak sekali perusahaan otobus (PO) yang menyediakan berbagai rute tujuan. Mulai dari antarkota hingga antarprovinsi.

Setiap pulau yang ada di Indonesia juga memiliki kota keberangkatan populer dengan bus favoritnya masing-masing. Contohnya, adalah ALS (Antar Lintas Sumatera) yang terkenal di Pulau Sumatera dengan trayek Mandailing-Medan-Jember.

Adapula PO NPM dengan rute populernya dari Sumatera menuju Jawa. Lalu, PMTOH yang berasal dari Aceh, melayani trayek panjang, yakni Aceh-Medan-Jakarta-Bandung-Yogyakarta-Solo.Selanjutnya adalah Sinar Jaya, dengan rute populer yang tersedia dari Jabodetabek menuju Semarang, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya.Selanjutnya adalah Sinar Jaya, dengan rute populer yang tersedia dari Jabodetabek menuju Semarang, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya.

Indonesia sendiri memiliki keberagaman budaya, tradisi, kuliner khas, hingga destinasi wisata yang menakjubkan. Dimulai dari Pulau Sumatera yang terkenal memiliki budaya Rumah Gadang, tempat wisata Jembatan Ampera, hingga makanan lokal seperti Nasi Padang dan Pempek.

Di Pulau Jawa juga terkenal akan surganya destinasi wisata. Misalnya Museum Kota Tua, Pantai Parangtritis, Lawang Sewu, atau Kebun Binatang Surabaya. Budaya Jawa yang kental seperti membatik juga selalu dilestarikan. Nikmati aneka sajian kulinernya seperti Soto Betawi, Gudeg, Rawon, hingga Nasi Pecel.

Selanjutnya, di Bali hingga saat ini mempertahankan tradisi seperti Ngaben dan Nyepi oleh umat Hindu. Baik di Bali maupun Lombok memiliki keindahan alam seperti pantai, gunung, sawah, dan lain-lain yang bisa dijelajahi selama keliling Indonesia.Terakhir, di Pulau Sulawesi ada berbagai hidangan lokal lezat yang wajib dicicipi. Di antaranya Coto Makassar, Es Pisang Ijo, Pisang Epe, dan Sop Konro. Wisatawan yang menghabiskan waktu liburan, juga wajib mengunjungi Pantai Losari, Pulau Bunaken, Wakatobi, ataupun Taman Nasional Bantimurung.

 

Sumber: beritasatu.com

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS