Breaking News

Longsor di Kawasan Genting Malaysia, 8 Orang Ditemukan Tewas

Kuala Lumpur,MimbarBangsa.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia mengatakan delapan orang ditemukan tewas setelah longsor di kawasan Genting Malaysia terjadi di daerah perkemahan pada Jumat (16/12/2022) dini hari, dengan upaya pencarian sedang berlangsung.

Menurut agensi, pada pukul 9.15 waktu setempat, tujuh orang terluka dan 53 ditemukan selamat.

Departemen pemadam kebakaran Malaysia sebelumnya mengatakan 51 orang masih hilang dari total 79 orang yang terjebak dalam tanah longsor, yang terjadi di sebuah perkemahan dekat jalan raya dan dekat Peternakan Organik Ayah di Gohtong Jaya.

Kantor berita Bernama melaporkan bahwa seorang anak termasuk di antara korban tewas.

Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor Norazam Khamis mengatakan petugas pemadam kebakaran mulai tiba di lokasi sekitar pukul 3.00 setelah menerima panggilan darurat pada pukul 2.24.

“Misi pencarian dan penyelamatan korban sedang dilakukan dengan tim STORM (Special Tactical Operation and Rescue Team of Malaysia),” ujarnya menanggapi pertanyaan Bernama.

Pasukan Pertahanan Sipil Malaysia juga mencuit foto-foto Tim Khusus (PASPA) dan departemen Selangor yang bergabung dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Norazam mengatakan tanah longsor jatuh dari perkiraan ketinggian 30 meter di atas perkemahan, dan menutupi area seluas sekitar 0,4 hektare.

Dataran Tinggi Genting adalah daerah perbukitan yang populer di Kabupaten Batang Kali, sebelah utara ibu kota.

Selangor adalah negara bagian paling makmur di negara itu dan pernah mengalami tanah longsor sebelumnya, sering dikaitkan dengan pembukaan hutan dan lahan.

Wilayah ini sedang musim hujan tetapi tidak ada hujan lebat atau gempa bumi yang tercatat.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS