Breaking News

Pura Jagat Nata, Tempat Ibadah di Tengah Permukiman Muslim

Banjarmasin, MimbarBangsa.co.id – Dengan jumlah sekitar 2.500 penganut, Hindu menjadi agama minoritas yang dianut warga Banjarmasin yang memiliki populasi 700.000 jiwa. Satu-satunya tempat ibadah bagi penganut Hindu adalah Pura Jagat Nata, yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Pura Jagat Nata berada di tengah permukiman muslim. Meski demikian, prosesi ibadah diakui sejumlah umat berjalan aman dan damai. Hal ini dituturkan oleh Ida Rsi Wismamitra, pemuka agama Hindu di Banjarmasin.

“Selama ini prosesi ibadah berjalan damai dan tenang,” ungkapnya.

Keberadaan tempat ibadah dan umat Hindu di wilayah ini sangat diterima oleh masyarakat sekitar. Ia mencontohkan saat umat Hindu menggelar persembahyangan bersama, masyarakat sekitar memperbolehkan halaman rumahnya dijadikan tempat parkir.

“Selain itu masyarakat sekitar juga membantu pengaturan lalu lintas. Sebuah potret toleransi yang sangat indah,” tambahnya.

Ida juga menyebut moderasi beragama di Banjarmasin jauh lebih dewasa saat ini. Masyarakat tak lagi menjadikan perbedaan agama sebagai sebuah persoalan. Namun, dijadikan modal besar untuk membangun sebuah peradaban.

“Coba lihat bunga di taman, sebagai banyak warna makan akan terlihat makin indah,” pungkasnya. (adv)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS