Breaking News

PWI dan SPS Sumatera Utara Kembali Gelar Pra UKW 2022 Angkatan 55-56

Medan, MimbarBangsa.co.id – Serikat Perusahaan Pers (SPS) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara kembali menggelar Workshop Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hall Lantai 2 Hotel Swiss Belinn Gajah Mada, Medan, Senin (26/12/2022).

Workshop Pra UKW kali ini bertemakan “Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalitas Guna Mewujudkan Wartawan Yang Berakhlak Dan  Bermartabat”.

Pembukaan Workshop Pra UKW yang digelar SPS dan PWI Sumut ini tampak dihadiri oleh Ketua PWI Sumut yang sekaligus Ketua SPS Sumut, H. Farianda Putra Sinik, S.E., Plt. Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Suharto Sitorus, S.E, M.Pd., Ketua JMSI Sumut yang sekaligus Sekretaris SPS Sumut, Rianto Aghly, S.H.,  serta pengurus PWI dan SPS Sumut lainnya.

Sebelum membuka secara resmi, dalam sambutannya Plt. Kadis Kominfo Sumut menyampaikan bahwa UKW sangat penting bagi wartawan. Semua profesi memiliki sertifikasi, wartawan juga baiknya memiliki sertifikasi sehingga dengan demikian akan melahirkan wartawan yang kompeten, berkualitas, dan bermartabat.

“UKW sangat penting bagi wartawan. Semua profesi memiliki sertifikasi, wartawan juga baiknya memiliki sertifikasi sehingga dengan demikian akan melahirkan wartawan yang kompeten, berkualitas, dan bermartabat,” tegasnya.

Sebelumnya melalui Sekretaris SPS Sumut, Rianto Aghly, S.H., Ketua SPS Sumatera Utara, H. Farianda Putra Sinik, S.E. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dua kegiatan sebelumnya. Dan yang mengikuti Pra UKW pada termin ketiga ini berjumlah 48 orang, 12 orang peserta Uji Kompetensi Madya dan 36 orang peserta Uji Kompetensi Muda.

“SPS dan PWI Sumut sudah melakukan kegiatan seperti ini dua kali dan ini merupakan ketiga kalinya. Peserta Pra UKW kali ini berjumlah 48 orang, 12 orang peserta Uji Kompetensi Madya dan 36 orang peserta Uji Kompetensi Muda,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua PWI Sumatera Utara, H. Farianda Putra Sinik, S.E., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt. Kadis Kominfo Sumut yang telah berkenan hadir dan membuka secara resmi Workshop Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI bersama dengan SPS Sumut.

Farianda juga mengaskan bahwa Pra UKW ini sangat penting untuk membekali peserta UKW dan bisa dipastikan peserta yang mengikuti Pra UKW telah memiliki peluang 50% lulus.

Ketua PWI Sumut juga berharap agar peserta UKW kali ini berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat lulus 100%.

“UKW Muda ada 36 orang dan untuk Madya ada 12 orang. Semoga yang hadir dalam Workshop Pra UKW semuanya lulus,” harapnya.

Ketua PWI Sumut juga menegaskan bahwa UKW itu sangat penting. Jadi apapun harus ada uji kompetensinya. Untuk sah menjadi wartawan harus memiliki sertifikasi uji kompetensi.

“Untuk sah menjadi wartawan harus memiliki sertifikasi uji kompetensi,” tegas H. Farianda Putra Sinik, S.E.

Usai pembukaan Workshop Pra UKW dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan peserta yang dibagi dengan beberapa kelompok dan ditemani beberapa mentor.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS