Breaking News

Indikator Politik: Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Menguat, Anies Turun

Jakarta, MimbarBangsa.co.id  – Hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia terbaru menunjukkan tren elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo dan Menteri Pertahanan (Menhan)Prabowo Subianto menguat. Sementara elektabilitas Anies Baswedan menurun.

Ganjar menempati posisi teratas elektabilitas bakal calon presiden (capres) 2024 dengan dipilih oleh 35,8 persen responden dalam simulasi tiga nama bakal capres. Angka itu terpaut jauh dibanding Prabowo dan Anies.

“Tiga nama besar, masing-masing tidak terpaut jauh. Ganjar teratas 35,8%, Anies 28,3%, Prabowo 26,7%, dan sekitar 9,2% belum menunjukkan pilihan. Ini polanya,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia, Rabu (4/1/2023).

Menurutnya, tren elektabilitas Ganjar dan Prabowo mengalami kenaikan seiring peningkatan kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun dalam survei terkininya, Indikator menyebut tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi naik dari sebesar 66,2 persen di bulan November menjadi 71,3 persen pada Desember 2022.

“Jadi, kita bisa simpulkan dari sini, ketika approval presiden naik di bulan Desember, yang meningkat elektabilitasnya Ganjar dan Prabowo, yang turun elektabilitasnya Anies,” ujar Burhanuddin.

Elektabilitas Anies, dalam survei ini mengalami penurunan dari periode sebelumnya yaitu November 32,2 persen menjadi 28,3 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia ini dilakukan pada 1 Desember sampai dengan 6 Desember 2022 dengan total sebanyak 1.220 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS