Breaking News

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Depok, MimbarBangsa.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita di pasaran.

Menurut Zulhas, Minyakita besutan pemerintah itu menjadi favorit masyarakat sehingga stok di pasaran laris manis. Hal itu disampaikan Zulkifli Hasan usai melakukan pengecekan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat Sabtu (28/1/23).

Mendag menjelaskan, Minyakita yang melambung di atas harga eceran tertinggi (HET) karena semua orang membeli sehingga stok di pasar menjadi berkurang. “Harga Minyakita tetap sesuai yang di banedrol pemerintah. Cuma sekarang menjadi favorit, semua orang ambilnya Minyakita. Jadi di pasar stoknya berkurang,” katanya di lokasi.

Zulhas menegaskan, habisnya stok Minyakita di pasaran bukan karena suplainya berkurang. Hingga saat ini pemerintah masih mensuplai minyakita di pasaran. “Bukan suplainya berkurang, tapi sekarang orang kalau beli minyak goreng ya Minyakita, jadi barangnya laris. Yang tadinya penjualannya satu sekarang menjadi dua, dua menjadi empat dan seterusnya gitu,” pungkasnya.

Diketahui, harga minyak goreng kemasan sederhana besutan pemerintah (Minyakita) melambung di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Rp 14.000 per liter. Namun di pasaran, harga Minyakita tembus di harga Rp 16.000 per liter.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS