Breaking News

Jaring Bacaleg Berkualitas, PKB HSU Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan

Hulu Sungai Utara, MimbarBangsa.co.id – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024, Sabtu (11/2/2023).

UKK Bacaleg yang diselenggarakan DPC PKB Kab. Hulu Sungai Utara ini dilaksanakan dalam rangka menjaring calon wakil yang rakyat yang kompeten dan berkualitas dan sejalan dengan visi misi PKB.

Ketua DPC PKB Kabupaten Hulu Sungai Utara, Mawardi, S.H., M.M. mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan itu, untuk menjaring calon wakil yang rakyat yang benar-benar kompeten dan berkualitas serta sejalan dengan visi misi PKB.

Apalagi menurutnya, ada beberapa poin yang menjadi penilaian para pengurus dalam uji kelayakan dan kepatutan ini.

Di antaranya yang pertama, PKB akan melihat sejauh mana kesungguhan dari pada Bacaleg tersebut.

Selain itu, melihat sejauh mana pemahaman terhadap visi misi PKB serta menyangkut masalah starategi taktik dan metode-metode lain dalam rangka pemenangan PKB.

“Jadi uji kelayakan dan kepatutan ini, merupakan salah satu tahapan dalam mempersiapkan para caleg PKB yang memiliki kompetensi dan siap menghadapi pileg 2024 mendatang,” kata Mawardin.

“Selain itu juga ini sebagai proses seleksi Bacaleg yang nantinya akan ditetapkan sebagai caleg,” ujar Mawardi kepada media, Sabtu (11/2/2023).

Mawardi menambahkan, bahwa dalam uji kelayakan dan kepatutan ini, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana para Bacaleg memahami ideologi dasar dan perjuangan PKB.

Selain itu, sejauh mana memahami masalah pengkondisian dapil, kemudian jumlah suara, targetan di tiap Dapil masing-masing.

Kemudian, Bacaleg juga harus menjelaskan bagaimana apabila nanti Cak Imin mejadi salah satu Capres atau Cawapres komitmennya harus seperti apa.

Mawardi berharap pada pemilu 2024 nanti dukungan dan suara PKB semakin bertambah besar dan banyak agar target perolehan 7-8 kursi di DPRD Kab. Hulu Sungai Utara dapat terpenuhi.

“Mudah-mudahan langkah kita dipermudah dan diijabah oleh Allah SWT. Aamiiiiiinn,” Mawardin mengakhiri. (Ahmad J.)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS