Breaking News

Keutamaan Bulan Sya’ban, Bulannya Nabi Muhammad

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Ada banyak bulan istimewa dalam kalender Islam. Kebanyakan orang mungkin hanya tahu empat bulan yang dimuliakan Allah SWT, yaitu Dzulqa’idah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Namun ada satu bulan istimewa lain yang sering dilupakan, yaitu bulan Syaban. Apa keutamaan bulan Syaban sehingga merupakan bulan yang istimewa? Yuk, kita bahas di bawah ini!

Apa yang dimaksud dengan bulan Syaban?
Bulan Syaban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah. Bulan ini diapit oleh dua bulan mulia, yaitu Rajab dan Ramadan. Kata Syaban berasal dari kata Sya’bun (شعب) dalam bahasa Arab, yang artinya bisa ‘golongan’ dan bisa juga berarti ‘jalan di atas gunung’. Agama Islam pun menjadikan bulan ini sebagai waktu untuk menemukan banyak jalan demi mencapai kebaikan.

Mengapa disebut sebagai bulan Syaban? Nabi pernah bersabda sebagai berikut:

“Tahukah kamu sekalian, mengapa dinamakan bulan Syaban? Mereka menjawab: “Allah dan Rasul-Nya Maha Mengetahui. Beliau pun bersabda: “Karena di dalam bulan itu bercabanglah kebaikan yang banyak sekali.”

Bulan Syaban juga sering disebut bulannya Nabi Muhammad SAW. Hal itu berlandaskan hadis Rasulullah SAW yang diriwayat oleh Hasan:

عن الحسن مرسلًا أنه قال – صلى الله عليه وسلم -: رجب شهر الله، وشعبان شهري، ورمضان شهر أمتي

“Diriwayatkan dari hasan (hadist mursal) rasulullah bersabda: bulan rajab merupakan bulannya Allah dan bulan sya’ban adalah bulanku (Rasulullah), sedangkan bulan ramadlan merupakan bulannya umatku (Nabi Muhammad)”.

Bukti lain yang menunjukkan bulan tersebut adalah bulannya Nabi Muhammada adalah karena turunnya Surat Al Ahzab ayat 56 yang menyatakan Allah SWT dan para malaikat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

“Sesungguhnya Allah beserta para malaikat-Nya bersholawat kepada nabi, wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kepada nabi serta berikan salam kepadanya”.

Ayat tersebut juga turun di bulan Syaban sehingga mengukuhkan identitas bahwa bulan Syaban adalah bulannya Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, umat muslim jangan lupa juga bersholawat kepada Nabi Muhammad di bulan yang istimewa ini.

Keutamaan Bulan Syaban
Bulan Syaban punya banyak keutamaan. Bulan kedelapan dalam kalender Hijriah ini merupakan bulan saat diangkatnya amal kita kepada Allah SWT. Bulan ini juga jadi bulan yang pas untuk mohon ampunan kepada Allah. Berikut keutamaan-keutamaan bulan Syaban yang perlu kamu tahu.

1. Hadirnya Malam Nisfu Syaban
Salah satu keutamaan bulan Syaban adalah hadirnya Nisfu Syaban. Pada malam tersebut, dibukakan 300 pintu rahmat dan ampunan bagi umat muslim, kecuali mereka yang musyrik dan bermusuhan. Dengan demikian, malam Nisfu Syaban diyakini sebagai malam yang penuh rahmat.

2. Bulannya Puasa Sunah
Nabi Muhammad SAW diceritakan sangat bersemangat menjalankan ibadah puasa di bulan Syaban. Aisyah mengatakan kalau Nabi Muhammad bahkan berpuasa di bulan Syaban hampir sebulan penuh. Hal itu diriwayatkan dalam hadis oleh Abu Salamah.

“Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan shaum (puasa) lebih banyak dalam sebulan selain pada bulan Sya’ban. Beliau [hampir] melaksanakan shaum pada Sya’ban seluruhnya,” (H.R. Bukhari).

3. Bulan Dilaporkannya Amal Perbuatan
Bulan Syaban istimewa karena di bulan ini amal perbuatan kita dilaporkan ke Allah SWT. Ini juga salah satu alasan beliau hampir sebulan menjalankan puasa.

Rasulullah SAW bersabda: “Itulah bulan yang manusia lalai darinya; (ia bulan yang berada) di antara Rajab dan Ramadan, yaitu bulan yang berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam. Aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa,” (HR. Nasa’i).

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS