Breaking News

Survei Median: Elektabilitas Prabowo Teratas, Ganjar Ungguli Anies

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Lembaga Media Survei Nasional (Median) dalam surveinya menemukan, elektabilitas Prabowo Subianto menempati urutan teratas. Sementara itu, Ganjar Pranowo menempati posisi kedua, unggul atas Anies Baswedan di urutan ketiga.

Demikian diungkapkan peneliti senior Median, Ade Irfan Abdurrahman dalam rilis survei Median bertajuk Meneropong Capres-Cawapres Alternatif 2024, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dalam survei ini, para responden ditanya siapa calon presiden yang akan mereka pilih jika pilpres berlangsung saat ini. Hasilnya, Prabowo Subianto menempati urutan teratas.

“Prabowo Subianto 20,5%; Ganjar Pranowo 18,9%; Anies Baswedan 17,9%,” sebut Irfan dalam paparannya.

Urutan keempat ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas 9%; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,5%; dan Airlangga Hartarto 2,9%. Selanjutnya ada nama Erick Thohir dengan 2,2% dan Muhaimin Iskandar dengan 2%.

Prabowo konsisten berada di posisi elektabilitas dalam survei yang berfokus pada empat nama. Dalam survei dimaksud, responden ditanya dari empat orang berikut (Prabowo, Ganjar, Anies, dan Puan Maharani), siapa capres yang akan mereka pilih jika pilpres berlangsung saat ini.

Dari survei ini, elektabilitas Prabowo mencapai 25,5%; Ganjar 22%; lalu Anies 20%. Sementara itu, Puan 5%, sedangkan 27,5% responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Median menjalankan survei tanggal 22 sampai 26 Februari 2023. Pelaksanaan survei yakni dengan cara menyebarkan kuesionet lewat media sosial Facebook. Adapun yang menjadi target responden yakni pemakai aktif Facebook dengan rentang usia 17 sampai 60-an tahun.

Kuesioner disebar secara proporsional ke akun-akun Facebook di seluruh Indonesia. Responden yang terlibat sebanyak 400, tersebar di 38 provinsi.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS