Breaking News

Antisipasi Arus Balik, Terminal Kampung Rambutan Siapkan Amari 24 Jam

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Mengantisipasi lonjakan arus balik Lebaran 2023, Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur menyiapkan tambahan bus angkutan dalam kota malam hari (Amari).

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, armada bus Amari ini nantinya memfasilitasi pemudik yang baru tiba di Jakarta menuju daerah tujuan masing-masing.

“Amari disiagakan selama 24 jam untuk membantu penumpang bus AKAP yang tiba pada malam dan dini hari di Terminal Kampung Rambutan,” kata Yulza Ramadhoni, di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Yulza menjelaskan, bus AKAP yang membawa pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan pada tengah malam atau dini hari, sehingga penumpang butuh moda transportasi untuk melanjutkan perjalanan.

“Kita kemarin sudah berkoordinasi dengan Transjakarta untuk menyiapkan Amari. Untuk malam hari ada sekitar lima bus yang melayani perjalanan lanjutan penumpang,” kata Yulza.

Adapun rute yang dilayani Amari Transjakarta selama arus balik mudik lebaran 2023 dari Terminal Kampung Rambutan di antaranya ke wilayah Jakarta Pusat dengan tujuan ke halte Harmoni.

Sementara, untuk penumpang yang hendak menuju ke Jakarta Barat dan Jakarta Utara dapat transit sudah ditentukan, di antaranya halte Transjakarta Universitas Kristen Indonesia (UKI).

“Dari halte UKI nanti bisa melanjutkan perjalanan (berpindah ke bus Transjakarta lain) menuju Tanjung Priok maupun Grogol. Dari sini penumpang juga bisa menggunakan transportasi online,” ujarnya.

Melalui pengerahan armada bus Amari ini, pemudik yang baru tiba di Terminal Kampung Rambutan dapat terbantu dan tidak kesulitan untuk moda transportasi membawa mereka menuju rumah saat kembali mudik lebaran.

Yulza menambahkan, Terminal Kampung Rambutan juga menyiapkan serta menyiagakan posko pelayanan terpadu dengan melibatkan petugas gabungan 24 jam penuh.

“Pos pelayanan terpadu 24 jam terdiri dari Dinas Perhubungan, TNI-Polri, kemudian untuk unsur masyarakat dari Senkom. Kita memastikan penumpang yang tiba merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Diperkirakan puncak arus balik mudik Idulfitri 1444 Hijriah di Terminal Kampung Rambutan terjadi pada 27 dan 28 April 2023 atau H+4 dan H+5 karena cuti bersama sudah berakhir.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS