Breaking News

PPP Harap KIB Dukung Ganjar, PAN Sebut Tak Ada yang Harus Dipersoalkan

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan partainya menghargai keputusan politik PPP yang menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Menurut Saleh, PPP mengharapkan PAN dan Partai Golkar yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) turut mendukung Ganjar Pranowo.

“Kalau di KIB, PPP sendiri sangat berharap agar PAN dan Golkar bisa bergabung untuk mendukung Ganjar. Artinya, meskipun lebih dahulu mengumumkan, tentu sudah dikomunikasikan dengan anggota KIB lainnya. Karena itu, tidak ada yang harus dipersoalkan. Ke depan seperti apa, ya kita lihat aja nanti,” ujar Saleh kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Saleh mengatakan dukungan yang diberikan kepada Ganjar Pranowo sudah melewati kajian dan komunikasi lintas partai. Terutama, kata dia, di internal KIB.

“PAN tentu sangat menghargai keputusan PPP. Dukungan tersebut adalah bagian dari independensi PPP sebagai anggota KIB. Partai lain tentu tidak bisa mengintervensi PPP,” tandas Saleh.

Saleh mengakui hingga saat ini banyak pihak yang mempertanyakan waktu PAN mengusung pasangan capres atau cawapres. Bahkan, katanya, ada juga pihak yang mempertanyakan apakah PAN masih dalam KIB atau malah bergabung dengan koalisi lain.

“Prinsipnya, PAN pasti akan mengumumkan calonnya. Malah, PAN sudah lebih dahulu komunikasi lintas partai. Tinggal menunggu waktu yang tepat saja. PAN tentu sangat senang jika tetap bersama dengan partai-partai yang bergabung di dalam KIB,” kata Saleh.

Diketahui, Rapimnas ke-V PPP telah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari partai berlambang Ka’bah ini. PPP akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong kader PPP sebagai cawapres Ganjar.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim PPP memutuskan Bapak Haji Ganjar pranowo sebagai calon Presiden RI pada pemilihan umum presiden tahun 2024 yang akan datang,” ujar Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono di Kediamannya, Sleman, Yogyakarta, Rabu (26/4/2023).

Terdapat empat alasan yang membuat PPP memilih Ganjar sebagai capres 2024. Pertama, PPP ingin melanjutkan dukungan politik kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 untuk meneruskan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Dukungan serupa telah pernah diberikan oleh PPP yakni dukungan politik pada Pilkada Jawa Tengah 2018, PPP telah mengantarkan beliau menjadi gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan kader PPP Gus Taj Yasin,” tutur Mardiono.

Kedua, kata Mardiono, PPP ingin menitipkan kepada Ganjar politik amar ma’ruf nahi munkar diimplementasikan oleh negara. Apalagi, Ganjar mempunyai darah Nahdlatul Ulama (NU) sehingga Ganjar dipasatikan memiliki visi yang hampir sama dengan PPP.

Ketiga, PPP memandang kapasitas, integritas dan akseptabilitas Ganjar sangat layak untuk menduduki posisi sebagai pemimpin bangsa. Selain itu, kata Mardiono, dukungan popularitas dan elektabilitas telah dibuktukan oleh berbagai lembaga survei yang menempatkan Ganjar sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Keempat, secara historis Ganjar Pranowo merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan PPP, karena beliau mertuanya almarhum Bapak H Achmad Musadik Supriyadi pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga pada empat periode pada tahun 1973 sampai tahun 1991. Selama 5 periode menjabat sebagai DPRD Kabupaten dan satu periode Anggota MPR RI dari PPP,” ungkap Mardiono.

Hingga saat ini, kata Mardiono, rumah mertua Ganjar Pranowo tersebut juga masih digunakan sebagai kantor cabang PPP di Kabupaten Purbalingga. Selain itu, kata Mardiono, kakak Ipar Ganjar Pranowo, Nurul Hidayah saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga, sekaligus Anggota Fraksi PPP DPRD Jawa Tengah.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS