Breaking News

Puncak Arus Balik Kloter II, Bandara Soekarno Hatta Siap Sambut 170.000 Orang

Tangerang, MimbarBangsa.co.id – Puncak arus balik Lebaran 2023 di Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan kembali terjadi pada Sabtu dan Minggu 29-30 April 2023. Pergerakan penumpang pesawat diperkirakan mencapai 170.000 orang.

Executive General Manager AP II Bandara Soettta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, puncak arus balik gelombang pertama telah terjadi pada Selasa (25/4) lalu dengan total flight sekitar 1055 penerbangan (flight) dengan jumlah penumpang (pax) sekitar 160.000 orang.

“Sesuai prediksi kami, kemungkinan akan terjadi gelombang kedua di hari Sabtu dan Minggu besok dengan angka kurang lebih sama, pax-nya juga lebih banyak. Sehingga kami persiapkan besok akan terjadi gelombang kedua untuk arus balik mudik 2023,” kata Dwi Ananda di Bandara Soetta, Jumat (28/4/2023).

Pihak pengelola Bandara memprediksi pergerakan penumpang di Bandara Soetta pada puncak arus balik Lebaran 2023 gelombang kedua itu sebanyak 170.000 penumpang baik yang berangkat maupun yang datang.

“Pergerakan penumpang, kami masih memegang angka di sekitar 160.000 sampai 170.000 untuk di puncak (arus balik) kedua ini. Kalau dibanding tahun lalu, kemungkinan sekitar 25% sampai dengan 30%. Kita lihat nanti di realisasinya,” ucapnya.

Dengan begitu, kata Dwi Ananda, pihaknya menyiagakan kurang lebih 6.500 personel untuk melayani penumpang. Di samping itu, AP II juga fokus di fasilitas pengambilan bagasi atau conveyor belt untuk memudahkan penumpang yang baru tiba di Bandara Soetta.

“Total petugas kita internal ada 6500 shift bergantian, tentunya ini tidak berkurang, sama kekuatannya pada saat arus mudik kemarin,” ujarnya.

“Untuk arus datang atau balik, arah fokus kita, kita alihkan ke fasilitas pengambilan bagasi, kemudian juga pelayanan transportasi darat antarmodanya, itu kita fokuskan,” imbuh Dwi.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan ground handling agar menyiagakan petugas di area conveyor belt untuk membantu menangani bagasi tercatat penumpang yang baru tiba. Hal ini untuk menghindari antrean penumpang di area conveyor belt dan lebih memudahkan penumpang untuk mengambil bagasi.

“Untuk pengambilan bagasi, kita kerjasama dengan ground handling untuk melakukan treat khusus di mana handling bagasi atau tas khususnya di conveyor bagasi yang sudah keluar kita akan coba percepat dengan melakukan penataan tas dari conveyor. Kita ambil (dan diletakkan) di bawah, sehingga nanti penumpang lebih mudah untuk mengidentifikasi dan membawa tasnya masing-masing keluar,” urainya.

“Termasuk memudahkan flight berikutnya menggunakan bagasi conveyor karena sudah kosong (setelah tas penumpang) diturunkan,” jelasnya.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS