Breaking News

5 Kecamatan di Aceh Barat Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Aceh, MimbarBangsa.co.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Aceh Barat sejak dua hari terakhir, mengakibatkan lima kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir.

Terjangan banjir akibat luapan sungai tersebut merendam sejumlah fasilitas umum dan membuat akses jalan antar kecamatan terputus.

Adapun lima kecamatan yang terendam banjir yaitu Kecamatan Sungai Mas, Pante Ceureumen, Woyla Barat, Kaway 16 dan Meureubo.

Salah seorang warga desa Napai, Nyak Umar mengatakan, kondisi banjir terparah terjadi di kecamatan Sungai Mas dan Woyla Barat dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

“Selain intensitas hujan yang cukup tinggi, banjir terjadi karena meluapnya Sungai Woyla dan Meureubo yang tidak mampu menampung debit air yang cukup banyak, sehingga menggenangi pemukiman warga,” kata Nyak Umar, Senin (8/5/2023).

Nyak Umar mengatakan, sebagian banjir merendam desa setinggi 1,5 meter. Warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum, dan memutuskan akses jalan antar kecamatan,” imbuhnya.

Sementara, Koordinator Rescue BPBD Aceh Barat, Rahmat mengatakan petugas tengah melakukan pemantauan di sejumlah titik banjir.

“Menurut data sementara, sedikitnya ada 24 desa di lima kecamatan yang terendam banjir, dengan ketinggian air bervariasi antara 50 centimeter hingga 2.5 meter,” pungkasnya.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS