Breaking News

Dapat Penambahan, Kuota Jemaah Haji Cimahi Kembali Normal

Cimahi, MimbarBangsa.co.id – Kuota calon jemaah haji (calhaj) di Kota Cimahi kembali normal. Tercatat dari total 540 calon jemaah haji, sebanyak 520 orang calhaj siap diberangkatkan ke tanah suci pada tahun ini.

Ratusan calhaj asal Kota Cimahi terlihat antusias mengikuti bimbingan manasik haji reguler Kota Cimahi 1444 Hijriyah, di Masjid Agung Cimahi Jalan Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi, Senin (15/5/2023).

Kepala Kantor Kemenag Kota Cimahi H Saepulloh mengatakan, kegiatan bimbingan manasik haji ini diikuti seluruh calhaj Kota Cimahi yang siap berangkat tahun 2023 ini.

Pihaknya mencatat, calhaj yang sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler 2023 ini hampir mencapai 100%.

“Jemaah yang akan berangkat itu 520 calon jemaah dan Alhamdulillah antusias di Kota Cimahi untuk pelunasan luar biasa sehingga mencapai 520 calon jemaah, dan hampir 100 persen,” tutur Saepulloh.

Dari total kuota 540 orang ini, kata Saepulloh sebanyak 20 calhaj lainnya diketahui belum dapat melunasi BPIH dengan alasan yang masuk akal.

“Adapun yang belum lunas itu diantaranya beliau sakit, beliau hamil, jadi tidak ada kendala semuanya berjalan dengan baik,” kata Saepulloh.

Sementara, 520 calhaj asal Kota Cimahi inipun terbagi dalam dua kloter, dengan pemberangkatan selang dua minggu.

“Berangkat itu kloter pertama termasuk pada kloter 24 Jawa Barat, yang insyaAllah akan berangkat pada tanggal 2 Juni kemudian pulang itu 13 Juli 2023 dan yang berikutnya itu tergabung dalam kloter 57 yang gabung dengan Kabupaten Bandung, itu berangkatnya tanggal 14 Juni dan pulang sekitar tanggal 26 Juli,” bebernya.

Menyoal layanan haji khusus lansia, terlebih di tahun ini pemerintah pun menggaungkan sebuah tema ibadah haji yang ramah lansia, pihaknya menegaskan jika pelayanan terbaik tentunya akan diberikan kepada para calhaj khusus lansia.

“Yang terpenting kami akan melayani sebaik baiknya, karena disana ada ketua kloter, ketua tpii nya, ada tim kesehatan dan juga yang lainnya, yang insyaAllah kondusip dan sudah terencana dengan baik,” katanya

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS