Breaking News

PM Malaysia Anwar Ibrahim Tantang Oposisi Ajukan Mosi Tidak Percaya

Seremban.MimbarBangsa.co.id – PM Malaysia Anwar Ibrahim menantang pihak oposisi yang disebut-sebut berencana menggulingkan pemerintah federal dengan mengajukan mosi tidak percaya pada sidang parlemen berikutnya.,

Anwar Ibrahim, yang berbicara selama pertemuan Madani di Seremban, Minggu (7/5/2023) menekankan, bahwa membuktikan mayoritas parlemennya akan menghentikan pembicaraan tentang ketidakstabilan politik dan memungkinkan pemerintah untuk fokus membantu rakyat.

Madani adalah slogan Anwar Ibrahim tentang reformasi Malaysia menjadi negara yang percaya pada kemanusiaan dan nilai-nilai yang baik seperti pemerintahan yang adil, adil dan efektif.

“Kita harus menjaga stabilitas politik. Parlemen akan duduk dalam dua minggu ke depan dan saya menantang siapa pun atau pihak mana pun yang ingin mengajukan mosi tidak percaya, silakan lakukan. Kami akan berhadapan di parlemen untuk melihat siapa yang memiliki kekuatan,” kata Anwar.

“Itu telah mengganggu. Berbisik sana-sini 126, 114, apa ini? Kami terbuka untuk (mosi tidak percaya)… Kami akan berjuang di parlemen. Mengapa? Karena saya ingin mengakhiri masalah ketidakstabilan politik ini sehingga kami dapat fokus membantu rakyat.”

Sidang parlemen Malaysia dijadwalkan berlangsung pada 22 Mei.

Media Malaysia baru-baru ini melaporkan pembicaraan bahwa pemimpin oposisi Hamzah Zainudin telah mendapatkan suara dukungan dari Anggota Parlemen (MP) sebagai perdana menteri berikutnya.

Portal berita The Vibes pada 24 April menyebutkan tentang rencana untuk mencopot Anwar Ibrahim dari posisinya melalui pemilihan sela di antara anggota parlemen Barisan Nasional (BN) yang tidak mendukungnya.

Menurut laporan itu, beberapa anggota parlemen BN dirayu dan dibujuk untuk mundur dari partainya dan mengorbankan kursinya. Anggota parlemen kemudian dilaporkan akan mencalonkan diri kembali di bawah bendera oposisi Perikatan Nasional (PN).

Anwar Ibrahim menekankan, sebelumnya bahwa partai-partai dalam pemerintahan persatuannya cukup kuat untuk bertahan melawan setiap rencana untuk menggulingkan pemerintah.

“Sejauh yang kami lihat, posisi (pemerintah) cukup kuat,” kata Anwar seperti dikutip Bernama.

Dia juga mengatakan kepada wartawan bahwa empat koalisi politik dalam pemerintah persatuan, BN, Pakatan Harapan (PH), Gabungan Parti Sarawak (GPS) dan Gabungan Rakyat Sabah (GRS), telah menyatakan komitmennya untuk mempertahankan pemerintah persatuan.

Pada bulan Desember, Anwar mendapatkan mosi percaya selama sesi parlemen pertamanya, yang menegaskan legitimasi kepemimpinannya dan pemerintahan persatuan yang dipimpinnya. Mosi percaya dilakukan melalui pemungutan suara saja, tanpa panggilan untuk pemungutan suara blok.

Dalam pidatonya pada hari Minggu, Anwar juga menyerukan beberapa mantan pemimpin politik yang mengkritik kepemimpinannya untuk menjual aset mereka untuk membantu orang Melayu di negara tersebut.

Dia mengutip bagaimana para pemimpin ini, termasuk mantan perdana menteri Mahathir Mohamad dan mantan penasihat pemerintah Daim Zainuddin, mengkritik pemerintahnya karena tidak cukup melindungi hak-hak orang Melayu.

“Banyak Tan Sri dan Tun yang kaya, populer, yang mengatakan Anwar tidak bisa diandalkan untuk menjaga hak-hak orang Melayu di negeri ini,” katanya.

“Tapi saya percaya saya telah melakukannya selama enam bulan terakhir, melalui banyak proyek dan inisiatif termasuk proyek mitigasi banjir dan inisiatif lainnya. Saya ingin bertanya kepada mereka, apakah itu Tun Mahathir atau Tun Daim, orang-orang kaya Melayu ini, ya Anda harus maju dan memperjuangkan hak-hak orang Melayu.

“Tapi kekayaan Anda yang bernilai miliaran, pesawat pribadi Anda, kapal Anda, rekening bank Anda di luar negeri, mengapa tidak dilikuidasi semua itu dan berikan uangnya kepada orang Melayu di Malaysia. Maka benar, kalian layak disebut pejuang Melayu di Malaysia.”

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS