Breaking News

Ratusan Calon Jamaah Haji di Lumajang Terancam Gagal Berangkat Tahun Ini

Lumajang, MimbarBangsa.co.id – Jelang musim haji tahun 2023, ratusan calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Lumajang masih belum melunasi biaya ibadah haji. Diketahui, musim haji tahun ini, Kabupaten Lumajang mendapat kuota sebanyak 787 jamaah.

Dari jumlah tersebut sebanyak 663 calon jamaah sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Sedangkan 124 sisa jamaah lainnya masih belum melunasi. Atau bila dipersentase yakni sebanyak 72% jamaah yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji dan 28% sisanya masih menunggak.

“Lumajang dapat kuota haji 787 jamaah, yang sudah lunas sejumlah 663 dan cadangan 124 jamaah persentase untuk Lumajang yang sudah lunas 72%, yang belum 28%,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Lumajang, Abdul Rofik saat dikonfirmasi pada Jumat (19/5/2023).

Kondisi ini membuat ratusan jamaah tersebut terancam gagal berangkat pergi ke Saudi Arabia pada musim haji mendatang. Sementara otu, pihak Kemenag akan memasukkan ratusan calon jamaaah haji yang belum lunas tersebut ke kuota cadangan yang bakal diberangkatkan pada tahun depan.

“Kalau belum bisa melunasi, insha Allah jamaah akan berangkat tahun depan,” katanya.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS