Breaking News

Survei Terbaru LSI: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat, Anies Tertinggal Dua Digit

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 3-14 Mei 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat. Sementara kandidat lainnya, Anies Baswedan terpaut hingga dua digit.

“Di bulan Mei 2023, elektabilitas Prabowo Subianto mencapai 33,9% diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 31,9% dan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 20,8%,” kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Survei LSI Denny JA dilakukan melalui tatap muka dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden dari seluruh Indonesia. Survei ini menetapkan ambang batas kesalahan sebesar 2,9%.

Selain menerapkan metode kuantitatif, dalam surveinya LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisis dengan menerapkan metode kualitatif, seperti analisis media, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terpumpun.

Adapun terkait alasan elektabilitas Prabowo mengungguli Ganjar dan Anies, Adjie menjelaskan ada empat alasan. Pertama, katanya, mayoritas responden menginginkan sosok dengan kepemimpinan kuat sehingga mampu menumbuhkan perekonomian Indonesia.

“Prabowo dipandang sebagai pemimpin yang tegas, kuat, serta fasih dalam merangkul aneka pihak,” jelasnya.

Kedua, elektabilitas Prabowo juga semakin meningkat karena sejumlah pendukung Ganjar berpindah memilih Prabowo karena dianggap lebih berkarakter nasionalis. Selanjutnya, kinerja Prabowo sebagai menteri dianggap berhasil memperkuat citranya sebagai capres yang mampu mengelola pemerintahan.

“Keempat, Prabowo dinilai menjadi tokoh sentral yang banyak diterima oleh berbagai spektrum politik,” ucap Adjie.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS