Breaking News

Tips Hemat ke Labuan Bajo dari Jakarta: Pakai Kereta dan Kapal Laut

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer bagi wisatawan dalam negeri maupun internasional karena keindahan alamnya yang jarang ditemui di tempat lain di seluruh dunia. Ini yang membuat Labuan Bajo menjadi tuan rumah pelaksanaan KTT ASEAN 2023 pada tanggal 9-11 Mei 2023.

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang indah dan bersih menjadi destinasi favorit bagi para pelancong.

Namun jaraknya yang jauh mencapai 1.889 km dari Ibu Kota Jakarta membuat wisatawan berfikir dua kali untuk berkunjung ke Labuan Bajo. Pasalnya semakin jauh lokasi wisata maka akan menyedot biaya yang tidak sedikit untuk akomodasinya.

Demi mewujudkan impian orang-orang untuk mencapai tempat tersebut, berikut tips hemat menuju liburan dari Jakarta menuju Labuan Bajo.

Tips Murah ke Labuan Bajo dari Jakarta

Sediakan waktu lebih panjang

Untuk menghemat biaya perjalanan, wisatawan biasanya menggunakan transportasi darat dan laut yang pastinya akan memakan banyak waktu. Sebaiknya sediakan waktu untuk berwisata minimal satu pekan.

Perjalanan dengan kereta api

Dari Jakarta, wisatawan bisa menggunakan kereta api menuju Surabaya. Rute yang bisa diambil adalah Stasiun Pasar Senen – Stasiun Pasar Turi dengan harga tiket Rp 230.000.

Kereta api dengan rute Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi ini memiliki banyak pilihan, tapi sebaiknya memilih kereta Jayabaya karena waktu tempuhnya lebih cepat dibandingkan kereta yang lainnya.

Perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya ini akan memakan waktu sebanyak 11 jam, sehingga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk istirahat dan tidur selama perjalanan agar tubuh tetap prima.

Perjalanan dengan bus

Setelah mencapai Surabaya, wisatawan bisa menggunakan moda transportasi bus menuju Pelabuhan Tanjung Perak.

Perjalanan dengan kapal Laut

Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Perak, wisatawan melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dengan kapal laut. Pilihlah kapal motor Bahtera Swarna dengan rute Surabaya-Labuan Bajo dengan tarif Rp 320.000 per orangnya.

Perjalanan laut ini kira-kira akan menghabiskan waktu selama 34 jam, namun lamanya perjalanan ini tidak akan terasa karena kita akan disuguhkan pemandangan laut yang begitu indah yang pastinya akan memanjakan mata para wisatawan tersebut.

Itulah sebuah tips perjalanan hemat dari Jakarta ke Labuan Bajo yang bisa para traveller coba apabila hendak mencoba mendatangi salah satu tempat wisata yang keindahannya diakui oleh dunia internasional.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS