Breaking News

Meriahkan HUT Jakarta, Sudin PPKUKM Jaktim Gelar Bazar Entrepreneur Terbesar

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI jakarta yang ke-496, Suku Dinas (Sudin) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) wilayah Jakarta Timur menggelar bazar terbesar dengan jumlah peserta terbanyak.

Usaha kurasi yang memakan waktu hampir seminggu akhirnya membuahkan hasil dengan melibatkan 1.950 peserta UMKM binaan, yang siap mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri). Kegiatan Bazar Jakarta Entrepreneur akan diselenggarakan pada tanggal 22-23 Juni 2023.

Kepala Suku Dinas PPKUKM wilayah Jakarta Timur, Melinda Sagala, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian pasca pandemi. Bazar serentak ini akan dilaksanakan di 10 kecamatan dan 1 kota, dengan melibatkan 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu dan PKK se-Jakarta Timur. Total peserta yang terlibat mencapai 1.950 orang, dengan dipasangnya 970 tenda bazar di 64 kelurahan dan 1 kota.

“Bazar seperti ini sudah menjadi agenda rutin. Namun, untuk pelaksanaan dengan skala sebesar ini, merupakan yang pertama kali dilakukan dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta yang ke-496,” ujar Melinda dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, pada Kamis (22/6/2023).

Kecamatan yang ikut serta dalam bazar ini meliputi Cakung, Ciracas, Pulo Gadung, Matraman, Jatinegara, Makasar, Cipayung, Duren Sawit, Pasar Rebo, Kramat Jati, dan Kota Cakung.

Melinda juga menambahkan bahwa bazar kali ini melibatkan banyak kolaborator yang turut memeriahkan acara tersebut. Selain itu, terdapat hal unik dalam proses pembinaan UMKM.

“Selain menyediakan area bagi UMKM untuk berjualan, sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat dalam hal transformasi digitalisasi, bazar ini menerapkan pembayaran tanpa uang tunai menggunakan metode QRIS payment,” tambahnya.

Tak hanya itu, perlu diapresiasi bahwa UMKM yang terlibat dalam bazar serentak ini telah dilengkapi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Para UMKM yang bergabung dalam bazar HUT DKI ke-496 akan mengadakan penjualan marathon pada tanggal 22-23 Juni, dengan menawarkan produk-produk unggulan seperti makanan kemasan, fashion, dan kerajinan yang telah melalui proses kurasi ketat oleh Sudin PPKUKM wilayah Jakarta Timur.

Acara puncak penyerahan Rekor Muri terkait bazar terbesar dengan peserta terbanyak ini akan dilangsungkan di Kantor Walikota Jakarta Timur, dan diharapkan PJ Gubernur dan Walikota Jakarta Timur akan menerima penghargaan tersebut.

Selain itu, masyarakat di sekitar wilayah Jakarta Timur, yang tinggal di semua kelurahan yang tersebar di 10 kecamatan dan 1 kota, diharapkan turut menyemarakkan bazar ini menjadi pesta rakyat dan mendukung dengan membeli produk-produk dari UMKM.

Kepala Dinas PPKUKM, Ratu Rante Allo, menjelaskan bahwa saatnya para UMKM DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur menjadi UMKM yang tangguh dan dapat naik kelas. Hal ini menjadikan slogan “Sukses Jakarta untuk Indonesia” menjadi makna yang sebenarnya.

“Dengan banyaknya pelatihan yang diselenggarakan, bazar ini merupakan salah satu implementasi pelatihan bagi UMKM dalam menghadapi era global dan bersaing di pasar,” tambahnya, mengakhiri pernyataannya.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS