Breaking News

Pengelolaan APBDes Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti Diduga Tidak Transparan

MUSI RAWAS, MimbarBangsa.co.id – Sebagai bentuk transparansi dari penggunaan dana yang diterima oleh Pemerintah Desa, maka diwajibkan dibuat dan dipasang papan informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Papan Informasi tersebut dipasang di tempat strategis seperti di depan Kantor Desa.

Tujuan dari pemasangan papan informasi tersebut adalah supaya masyarakat desa mengetahui seberapa besar dana yang masuk ke desa dan besar dana yang di belanjakan oleh desa. Sehingga meminimalisasi informasi negatif yang biasanya beredar di masyarakat luas.

Namun, berbeda dengan yang ada di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas, Diduga dengan sengaja tidak memasang papan informasi yang biasanya dipasang di depan Kantor Desa Air Lesing.

Pasalnya, dari pantauan awak media di depan kantor Desa Air Lesing yang selama ini dipasang Spanduk Informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Namun tidak terlihat adanya Spanduk papan informasi tentang Angaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2023 ini. (6/6/2023).

Kepala Desa Air Lesing Junaidi
Foto: Kepala Desa Air Lesing Junaidi, Istimewa.

Awak media mendatangi kantor Desa Air Lesing, namun sangat disayangkan Kepala Desa tidak berada di Kantor. Saat awak media menanyakan keberadaan Kepala Desa kepada staf yang ada di Kantor, jawabnya “Kepala Desa sedang ke Kecamatan,” kata Staf di Kantor Desa Air Lesing yang tidak menyebutkan namanya.

Kemudian, awak media segerah mendatangi Kantor Camat Muara Beliti berharap bisa konfirmasi dengan Kepala Desa Air Lesing. Setelah tiba di kantor Kecamatan tidak terlihat adanya Kepala Desa. Awak media lanjut konfirmasi dengan Camat Kecamatan Muara Beliti terkait dugaan tidak adanya Papan informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Air Lesing.

“Terima kasih atas informasinya, saya akan segara menghubungi Kadesnya, jika benar maka kami akan menekankan agar segerah di pasang,” ucap Supriyadi.

Kepala Desa Air Lesing membenarkan kalau papan informasi APBDes belum terpasang, dengan alasan belum mengetahui apa isi APBDes, walaupun sudah tau isi APBDes saat ini belum ada uang juga untuk mencetaknya.

Junaidi Kepala Desa Air Lesing saat dikonfirmasi mengatakan, “Memang belum nian tu, anu e belum keruan, dana e lom keruan moro a tu ni, name yang endak di isi man lom keruan, lah kuruan pule dang buntu pule dang buntu pule a endak nyetak e, kebetulan lom keruan pule,” jelas Kepala Desa Air Lesing dengan bahasa daerah (7/6/2023)

Sementara itu di waktu yang sama, Rezha Bidang Perencanaan Fasilitasi dan Pengelolaan Keuangan Desa saat di konfirmasi lewat telpon menyatakan, “Terima kasih atas informasinya, nanti kami dari DPMD dan Kecamatan ngeceknya,” jawabnya dengan singkat. (ZN)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS